post image
Bank Infaq Sumatera Utara
KOMENTAR

Dalam rangka memasyarakatkan anti riba di tengah tengah masyarakat Sumatera Utara, dan menyahuti arahan Ketua Pembina Pengurus Pusat Yayasan Gerakan Infaq Dunia Sandiaga Uno, kini di Sumatera Utara telah hadir Bank Infaq Sumut.

"Bank Infaq ini berdiri pada 29 Desember 2019 lalu oleh Yayasan Gerakan Infaq Dunia Pusat Jakarta dengan nama Yayasan Gerakan Infaq Dunia Sumatera Utara dan beralamat di Jl. Sidodadi Komp. Johor Regency Blok B No. 9 Kel. Deli Tua Kec.Deli Tua Kab. Deli Serdang.", jelas Ketua Yayasan Gerakan Infaq Dunia Sumut Ibu Tri Widyastuti Indriyani kepada tim MedanBagus, Rabu (12/2/).

Infaq yang dimaksud dalam "Bank Infaq” adalah Infaq fi\'sabilillah, yakni amalan yang terbatas berupa harta, untuk tujuan kemaslahatan di Jalan Allah, dandapat disetarakan dengan sedekah uang.                 

"Bank Infaq ini bukan berarti “Bank”, tetapi hanya brand saja yang berbadan hukum Yayasan Amil Infaq dan merupakan suatu komunitas berbasis Masjid, Mushola, Pesantren, Majelis Taklim", ungkap Tri.

Kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini biasanya seperti, penghimpunan dana berupa Infaq, penyaluran dana berupa Qardh Produktif (Pinjaman
0% untuk produktif), Menyelenggarakan pengembangan komunitas berupa pengajian dan edukasi ekonomi/ wirausaha.

Tri juga menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang menjadi visi dan misi dari Bank Infaq ini, diantaranya:

VISI
“Menuju masyarakat yang semakin berdaya dan mandiri melalui peningkatan produktifitas, ilmu agama, ilmu ekonomi, serta iman dan taqwa kepada Allah SWT”
.

MISI
• Menyediakan akses permodalan syariah produktif berbiaya nol yang bersumber dari penggalangan dana Infaq.
• Menghadirkan sarana dan prasarana pengajian dan edukasi kewirausahaan, sehingga dapat memakmurkan Masjid, Mushola, Pesantren, Majelis Taklim, dan Kelompok Masyarakat.
• Memasyarakatkan Infaq sebagai sarana menggapai pertolongan dan Balasan dari Allah SWT.
• Memasyarakatkan budaya tolong menolong dalam kebajikan di antara semua lapisan masyarakat secara transparan, akuntabel, mandiri, bertanggung jawab,
Bank infaq sumut didirikan untuk meng-endorse kaum "miskin" untuk berinfaq dan menjauhkan diri dari riba. Sesuai firman Allah : Allah menghancurkan riba dan menyuburkan sedekah.

Mari mulai berinfaq maka Allah akan menyuburkan kita dan mensejahterakan kita, dengan bergabung ke bank infaq berarti menjauhkan diri dari riba.

Semoga melalui gerakan bank infaq, gerakan menjauhkan diri dari riba dan gerakan berinfaq, menjadi TSM (Terstruktur, Sistematik dan Masif) di seluruh tanah air khususnya sumatera utara. Bank infaq, insyaallah bisa.

"Mari bapak ibu sdr/i di mana pun berada khususnya di Sumut untuk menjadi sahabat infaq dengan mendaftarkn diri di bank infaq Sumut, bisa hubungi nomor 081260778889", tutup Tri Widyastuti Indriyani. 

Komunitas Bisnis 101 Menjadi Wadah Untuk Pelaku UMKM Mengatasi Persoalan Perizinan dan Belajar Bisnis

Sebelumnya

BMH Gelar Event "THE INSPIRES OF ALQURAN" Untuk Kuatkan Syiar AL Quran

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Komunitas