post image
KOMENTAR
Pemuncak klasemen Liga Utama Jerman (Bundesliga) Bayern Munich dapat menjadi tim pertama sepanjang sejarah yang mengunci gelar liga itu sebelum akhir Maret, syaratnya mereka harus mengalahkan Hamburg pada Sabtu malam dan hasil-hasil pertandingan lain menguntungkan mereka.

Borussia Dortmund memenangi dua gelar terakhir, namun mereka saat ini tertinggal 20 angka dari Bayern di peringkat kedua dengan delapan pertandingan tersisa.

Jika pasukan Juergen Klopp gagal menang di markas Stuttgart pada Sabtu sore, Bayern akan berada di posisi untuk memenangi gelar nasional ke-23 mereka, dan yang ke-22 sejak lahirnya Bundesliga setengah abad silam.

Bagaimanapun, meski tidak terelakkan bahwa tim Bavaria ini akan mendaratkan tangan-tangan mereka ke trofi "Mangkuk Salad," klub ini tidak begitu memikirkan apa yang akan mereka lakukan pada akhir pekan ini, khususnya menjelang pertandingan pertama perempat final Liga Champions melawan Juventus yang akan dimainkan Selasa depan.

Para pemain dan staf Bayern menegaskan bahwa saat ini semua fokus ditujukan pada Hamburg, namun prospek adanya perayaan besar jika mereka memastikan gelar juara dibuang jauh-jauh, di mana para ofisial mengonfirmasi bahwa tidak akan ada kehadiran trofi di Allianz Arena apapun yang terjadi.

"Di ruang ganti, kami berbicara secara ekslusif mengenai Hamburg," kata gelandang Bastian Schweinsteiger. "Itulah fokus utama kami. Kami memerlukan penampilan bagus."

"Tentu saja itu akan menjadi momen hebat namun kami hanya akan merayakannya dalam waktu singkat" kata direktur olahraga matthias Sammer kepada Bild perihal kemungkinan memastikan gelar juara.

"Persiapan untuk pertandingan melawan Juventus akan segera dimulai dengan makan siang bersama di stadion."

Pertandingan Bayern melawan Hamburg secara tradisional merupakan pertemuan raksasa tim Selatan dan Utara Jerman, namun di saat Bayern telah lama mendominasi panggung sepak bola negeri itu, Hamburg kesulitan untuk menyaingi kiprah lawannya tersebut.

Pada dua musim terakhir, Bayern memenangi pertandingan ini dengan skor 5-0 dan 6-0, dan terakhir kali Hamburg memenangi trofi adalah pada 26 tahun silam, namun tim ini dilatih oleh mantan bintang Bayern Thorsten Fink yang memiliki banyak motivasi.

Hanya tertinggal satu angka dari empat besar, mereka merupakan salah satu dari sejumlah klub yang masih berpeluang untuk mengikuti Liga Champions musim depan.

"Mungkin sebagian dari mereka akan berpikir mengenai Juve," kata gelandang internasional Belanda Rafael van der Vaart.

"Namun Bayern ingin mengunci gelar Liga Jerman sesegera mungkin. Mereka memiliki kedalaman kekuatan yang akan menyulitkan kami."

Dortmund tidak pernah benar-benar mengancam untuk meraih tiga gelar juara secara berturut-turut, di mana posisi puncak terlihat menjauhi mereka sepanjang musim.

Bahkan, fokus nyata bagi pasukan Klopp adalah Liga Champions, di mana mereka akan melakukan perjalanan ke Spanyol untuk menghadapi Malaga pada pertandingan pertama perempat final yang berlangsung pada Rabu.

Sebelum itu, Borussia menghadapi lawatan ke barat Daya Jerman untuk melawan Stuttgart, di mana mereka tidak akan diperkuat pemain sayap Jakub Blaszczykowski serta bek Mats Hummels.

Klopp, yang belakangan ini menuding Bayern membeli jalan terhadap kesuksesannya, berniat untuk membuat Bayern menanti selama mungkin sebelum dapat merayakan gelarnya.

"Saya dengan senang hati akan memberikan ucapan selamat kepada mereka, namun tidak pada Sabtu sebab kami ingin mengalahkan Stuttgart terlebih dahulu," ucapnya dikutip AFP.

Jadwal pertandingan (bermain pukul 14.30 GMT kecuali disebutkan lain) mengutip laporan AFP:

Sabtu
Schalke 04 vs Hoffenheim, VfB Stuttgart vs Borussia Dortmund, SC Freiburg vs Borussia Moenchengladbach, Mainz vs Werder Bremen, Augbsurg vs Hannover 96, Fortuna Duesseldorf vs Bayer Leverkusen, Bayern Munich vs Hamburg (17.30 GMT)

Minggu
VfL Wolfsburg vs Nuremberg (13.30 GMT), Greuther Fuerth vs Eintracht Frankfurt (15.30 GMT). [rob]




Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Olahraga