post image
KOMENTAR
Pelaksanaan kegiatan uji coba atau try out dapat mempersiapkan mental para siswa sebelum menghadapi Ujian Nasional (UN).

''Kalau sering mengikuti try out, maka dengan sendirinya mental siswa akan terbentuk, atau dengan kata lain, siswa benar-benar siap menghadapi UN,'' kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto ketika meninjau pelaksanaan try out di SMAN 4, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2013).

Selain mematangkan mental, sambung Taufik, try out juga dapat mempersiapkan siswa secara intelektual, yang artinya siswa semakin percaya diri ketika menjalani UN.

''Maksudnya, siswa menjadi lebih percaya kepada diri sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain ketika menempuh UN. Secara tidak langsung, siswa sadar bahwa yang menentukan kelulusannya adalah dirinya sendiri,'' ujar Taufik.

Taufik menuturkan, try out juga dapat membantu mengurangi tekanan atau rasa cemas yang sering dialami para siswa menjelang pelaksanaan UN.

''Tekanan atau rasa cemas memang banyak dialami siswa ketika akan menempuh UN. Maka dari itu, kegiatan try out diharapkan mampu mengurangi tekanan tersebut,'' tutur Taufik seperti dilansir Rakyat Merdeka Online.

Dalam pelaksanaan UN tahun ini, Taufik mengaku tidak menargetkan jumlah kelulusan siswa. Menurut dia, ada hal-hal yang lebih penting daripada sekedar lulus ujian. Taufik berharap seluruh pelajar, khususnya tingkat SMA dan sederajat yang akan menghadapi UN lebih dulu mulai 15 hingga 18 April 2013 lulus dengan hasil terbaik dan memuaskan. Sementara UN SD digelar 6 hingga 8 Mei mendatang. [ans]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Komunitas