post image
KOMENTAR
Sedikitnya lima orang tewas dan ratusan orang selamat dalam kecelakaan pesawat Jupiter Airlines yang terbakar datang dari Thailand dan mendarat di Bandara KNIA, Deliserdang, Senin (23/12/2013).

Pesawat Jupiter Airlines yang mengangkut 200 penumpang ini mengalami kecelakaan saat mendarat di Bandara Kualanamu. Bagian sayapnya terbakar ketika landing.

Mobil ambulan dan tim penyelamat dan pemadam kebakaran  pun datang kelokasi landasan yang pesawatnya terbakar. Pemadaman dilakukan dengan menyemprotkan busa racun api dari kendaraan pemadam.

Sementara itu, para korban pun diselamatkan dan dievakuasi. Penyelamatan dilakukan petugas bandara, Basarnas, BNPB, PMI, dan personel TNI. Mereka mengevakuasi korban selamat dengan cepat dari lokasi kebakaran.

Korban luka pun ditandu meninggalkan lokasi itu dan langsung mendapat perawatan. Korban tewas juga dievakuasi dan dimasukkan ke dalam kantung mayat.

Namun, peristiwa ini tidak benar-benar terjadi, karena pesawat yang terbakar tersebut merupakan simulasi kecelakaan pesawat terbang di Bandara Kualanamu yang diadakan pihak bandara bekerjasama dengan
Basarnas, BNPB, PMI, dan personel TNI.

"Hasilnya bagus. Dengan cepat pemadaman kebakaran langsung memadamkan api dan Basarnas di bantu dengan TNI dan PMI langsung menyelamatkan korban yang berada didalam pesawat," ujar Kacab Angkasa Pura II Bandara Kualanamu, Said Ridwan.

Dikatakannya, simulasi yang  digelar untuk melatih kesiapan komando, komunikasi, koordinasi SAR di Bandara Kualanamu. "Kegiatan ini kita gelar setidaknya 2 tahun sekali untuk kesiapan penanggulangan darurat," tutupnya. [ded]

*Foto Ilustrasi |suryaonline.com

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam