post image
KOMENTAR
Yayasan Pusaka Indonsia bekerjasama Cordaid dan sumbangan masyarakat Kota Medan, menyalurkan bantuan kemanusian berupa perlengkapan mandi, handuk dan perlengkapan anak dan perempuan kepada 1.570 kepala keluarga atau  15.000 jiwa korban erupsi gunung Sinabung Tanah Karo.
 
Bantuan dalam bentuk hygiene kit ini akan disalurkan di 12 Posko pengungsian, yakni Futsal Sumbul, Ora atlabora, GBKP Kota Brastagi, KWK Brastagi, Mesjid Amal, Mesjid Istighar.

Selain itu juga di GBKP Kota Cane, Islamic Center, Klasis GBKP Brastagi, Perbesi, Gudang Jagung Konco dan GBKP Tanjung Belang yang berasal dari desa Suka Meriah, Sigarang-garang, Suka Nalu, Kuta Rakyat, Guru Kinayan dan desa lain di bawah radius 5 Km.
 
Ketua Badan Pengurus Yayasan Pusaka Indonesia, Fatwa Fadillah dalam siaran persnya kepada MedanBagus.Com, Kamis (27/2/2014), mengatakan bantuan yang didistribusikan merupakan hasil kajian cepat oleh Pusaka Indonesia untuk melihat kebutuhan yang minim di support oleh pihak pemerintah dan lembaga lain.
 
"Ini sebuah kebutuhan yang mendasar dimiliki oleh para pengungsi, dengan kata lain bantuan yang diberikan merupakan kajian mendasar sesuai dengan standart bantuan Internasional," katanya.
 
Kedepannya Pusaka Indonesia juga akan melakukan kajian sektoral yang bertujuan untuk melihat kebutuhan lanjutan, hal ini bertujuan agar pasca emergency kebutuhan seperti rumah yang hancur, kehidupan perekonomian masyarakat sampai dengan traumatic masyarakat segera pulih ke kondisi semula, begitu juga dengan relokasi desa di radius 3 Km.
 
Sementara Koordinator Lapangan OK Syahputra Harianda, menambahkan bantuan ini setidaknya bisa memenuhi dan meringankan beban kebutuhan masyarakat di dua belas Posko pengungsian, apalagi saat ini mereka sudah mulai jenuh di tempat pengungsian.

Selain menyalurkan batuan, Pusaka Indonesia bekerjasama dengan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Karo juga mensosialisasikan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Posko pengungsian.

"Terimakasih kepada Biro Pemberdayaan Perempuan dan KB Propinsi Sumatera Utara, Walhi Sumut dan masyarakat kota Medan yang telah memberikan kepercayaan kepada Pusaka Indonesia untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ini,"  ujar OK Syahputra. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas