post image
KOMENTAR
MBC. Selain Desa Tiga Derket Kecamatan Payung Kabupaten Karo, warga yang tinggal di wilayah barat daya Gunung Sinabung juga mulai khawatir. Apalagi, abu vulkanik Sinabung terus menerus berguguran menimpa pemukiman warga.

Salah seorang warga di Barat Daya Gunung Sinabung Karo Mawar br Singarimbun menuturkan, dirinya terpaksa harus pasrah menerima ujian bencana tersebut. Ia harus berkali-kali membersihkan pekarangan rumahnya akibat terpaan abu vulkanik Sinabung selama dua bulan belakangan ini.

"Tanaman saya juga banyak yang rusak karena tertimpa debu dan pasir dari material vulkanik Sinabung, apa boleh buatlah," ungkapnya.

Dia mengeluhkan ancaman penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) yang kerap menjadi penyakit langganan di Kabupaten Karo, aktifitas Gunung Sinabung kembali meningkat menghantui warga.

"Saya sudah mulai kurangi aktifitas diluar rumah, tetapi kalau terpaan abu vulkaniknya sudah terlalu banyak, terpaksa juga keluar di sekitar pekarangan rumah untuk membersihkannya. Masker agak susah, jadi pakai kain basahlah untuk menutupi saluran pernapasan saya," katanya. [hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas