post image
KOMENTAR
Partai Golkar menyiapkan 6 nama kandidat pengganti Ajib Shah sebagai Ketua DPRD Sumatera Utara sementara. Demikian disampaikan Sekretaris DPD Golkar Sumatera Utara,

Sodrul Fuad. Enam nama tersebut yakni Indra Alamsyah, Wagirin Arman, M Hanafiah Harahap, Syamsul Bahri, Muchrid Nasution dan H Faisal.

"Enam nama ini akan kita saring menjadi 3 nama dan kemudian diserahkan ke DPP di Jakarta untuk ditetapkan 1 orang sebagai pelaksana Ketua DPRD Sumut sementara menggantikan Ajib Shah," katanya, Kamis (4/2).

Sodrul Fuad menjelaskan, dasar penggodokan enam kandidat pengganti Ajib Shah sebagai Ketua DPRD Sumatera Utara sementara tersebut yakni munculnya surat dari pimpinan DPRD Sumatera Utara kepada partai Golkar Sumatera Utara pada 20 Januari 2016 lalu. Dalam surat bernomor 121/18/sekretariat tersebut pimpinan DPRD menyampaikan ketentuan bagi partai politik untuk mengusulkan calon pengganti pimpinan DPRD Sumut karena berhalangan sementara. Ketentuan tersebut tertuang dalam Pasal 41 ayat 3 PP no 16 tahun 2010 tentang penyusunan tata tertib DPRD. Dimana didalamnya berbunyi "Dalam hal salah seorang pimpinan DPRD Sumut berhalangan sementara lebih dari 30 hari, maka partai politik asal Pimpinan DPRD yang berhalangan sementara tersebut untuk mengusulkan kepada pimpinan DPRD mengusulkan salah seorang anggota DPRD dari partai asal Pimpinan DPRD yang berhalangan tersebut untuk menggantikan tugas pimpinan yang berhalangan sementara".

"Ini sesuai dengan tata tertib dewan," ujarnya.

Meski sudah menetapan 6 kandidat calon Ketua DPRD Sumut sementara, namun Sodrul belum merinci secara jelas tahapan-tahapan penyaringa nama-nama tersebut menjadi 3 nama. Menurutnya hal tersebut dilakukan setelah menunggu arahan dari Plt Ketua DPD Golkar Sumut Nurdin Khalid.

"Kita tinggal menunggu arahan," demikian Sodrul Fuad.

Diketahui Ketua DPRD Sumatera Utara Ajib Shah saat ini masih berhalangan sementara untuk memimpin DPRD Sumatera Utara karena menjalani penahanan di KPK terkait dugaan korupsi suap dan gratifikasi dari Gubernur Sumatera Utara non Akti Gatot Pujo Nugroho.[rgu]

Paskibra Sumut 2020 Dikukuhkan, Upacara HUT RI Akan Digelar di Halaman Kantor Gubernur

Sebelumnya

Pergub Sudah Berlaku, Tak Pakai Masker Kena Sanksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa