post image
KOMENTAR
PT Perkebunan Nusantara III (PT PN III) ditengarai melakukan praktik korupsi. Hal inilah yang menjadi sorotan Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sumatra Utara.

Koordinator LIRA, Rizaldi Mavi menjelaskan banyak para kontraktor di Medan yang mengeluhkan proses tender proyek di lingkungan PT PN III. Modusnya ialah dengan membatakan lelang proyek yang sudah ada pemenangnya.

"Kejadian seperti ini sudah berlangsung lama dan berulangk kali terjadi. Sehingga membuat merasa dipermainkan oleh panitia lelang," ungkap Rizaldi saat dihubungi wartawan, Rabu (19/10).

Rizaldi berharap KPK segera menelusuri dugaan ini, mengingat Agus Rahardjo Cs tengah membuat program penindakan di daerah.

Di kesempatan yang berbeda, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau agar pihak yang mengetahui adanya indikasi korupsi di internal perusahaan milik Pemerintah Daerah, untuk melaporkan dengan menyertakan bukti petunjuk ke lembaga antirasuah.

Pelaksana Harian Kabiro Humas KPK, Yuyuk Andriati menjelaskan bukti petunjuk penting untuk menelusuri lebih lanjut indikasi korupsi yang dilaporkan.

"Iya kan biasa, kalau pengaduan itu harus ada bukti petunjuk yang bisa ditelusuri lebih lanjut," jelas Yuyuk saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (19/10).

Imbauan ini bukan tanpa alasan. Sebab, lembaga antirasuah memang tengah gencar memberantas dugaan korupsi di daerah.

Sebut saja kasus dugaan suap yang menjerat pegawai negeri sipil di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Kebumen, Sigit Widodo. Terungkapnya kasus ini menurut Yuyuk jadi bukti keseriusan KPK.

"Perlu digaris bawahi, KPK tidak menangani kasus dengan melihat besar kecilnya uang yang didapat. Misalnya di Kebumen, itu dana pendidikan masyarakat, tapi kemudian ada bancakan," tegas Yuyuk. [hta/rmol]










 

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas