post image
KOMENTAR
MBC. Di Indonesia, jaket kulit dengan merek dagang W de W, sudah cukup punya nama. Sang pemilik, Waskito mengaku pernah membuatkan jaket kulit untuk Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono, serta sejumlah menteri.

"Dengan kekuatan produk yang berkualitas, ini baru pertama kalinya saya mencoba masuk ke pasar ekspor. Menjajaki pasar ekspor ke Ukraina, karena menilai masyarakat negeri itu termasuk penggemar produk fesyen," kata Waskito di sela-sela pameran "Windows to Indonesia" di Kiev, Ukraina, Minggu (26/5/2013).

Ia mengaku ikut misi dagang yang difasilitasi Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan karena mendapat info bahwa pasar produk fesyen di Ukraina cukup bagus.

Selain itu, pendapatan masyarakatnya lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Pendapatan per kapita per tahun masyarakat Ukraina mencapai 7.600 dolar AS. "Oleh karena itu, saya coba masuk ke pasar kelas atas," ujar Waskito.

Ia membawa sejumlah contoh jaket kulit mulai dari harga Rp800 ribu sampai Rp8 juta, tergantung jenis bahan baku kulit yang dipakai.

"Untuk jaket kulit dengan harga Rp800 ribu, bahan bakunya dari penyamakan kulit di Garut. Sedangkan yang mahal, bahan bakunya impor dari Italia," kata Waskito.

Ia mampu memasok jaket kulit hingga 1.000 potong per bulan. "Sudah banyak yang tertarik, meski dinilai mahal," kata Waskito. [rob]










Menjadi Pengusaha Muda, Kenapa Enggak

Sebelumnya

Nyalon Ketum HIPMI Medan, Ade Prasetyo Bercita-cita Lahirkan Ribuan Pengusaha Muda

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi