post image
KOMENTAR
Kuota haji Indonesia pada 2015 dipotong 20%. Jamaah yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun depan hanya sekitar 168.000 orang.

"Tahun depan pada musim haji 2015, kita tetap ada pemotongan kuota 20 persen. Jadi artinya kita hanya mendapat kuota sekitar 168 ribu jamaah dari seharusnya 211 ribu sesuai kuota sebelumnya," kata Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag Muhammad Jasin di Medan, Kamis (11/12).

Pemerintah tetap akan menggunakan kebijakan sebelumnya. Mereka akan mengutamakan calon jamaah haji senior yang usianya di atas 70 tahun dan yang pertama masuk dalam antrean. "Prinsipnya first come first serve. Siapa yang lebih dulu datang itu yang lebih dulu dilayani,"katanya.

Dijelaskannya, dengan pemotongan kuota ini, waktu tunggu calon jamaah haji Indonesia masih 20 tahun. Waktu untuk menunggu ini masih lebih pendek dibandingan negara sekitar, seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

"Malaysia itu waktu tunggunya lebih lama dari kita, 32 tahun. Dalam pertemuan pejabat senior Kementerian Agama di Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam, terungkap bahwa masa tunggu mereka lebih lama dari kita," sambungnya.

Kerajaan Arab Saudi mulai memotong  kuota haji dari negara-negara pengirim jamaah sejak 2013. Kebijakan itu dibuat menyusul pembangunan Masjidil Haram yang diperkirakan baru selesai pada 2016. [hta]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam