post image
KOMENTAR
Sebuah gerakan Rp. 1000/hari untuk TaoToba yang lebih baik telah digagas oleh Yayasan Alusi TaoToba. Gerakan tersebut dilakukan untuk melestarikan Danau Toba dan mendirikan Kampung Konservasi Tao Toba. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Yayasan Alusi TaoToba, Togu Simorangkir kepada medanbagus.com, Senin (30/5).

"Danau Toba sudah tercemar. Diperlukan sebuah upaya nyata dari hal kecil untuk melestarikan Danau Toba. Kampung Konservasi TaoToba merupakan solusi yang ditawarkan oleh Alusi TaoToba, " katanya.

Selain bertujuan untuk melestarikan Danau Toba, Kampung Konservasi TaoToba juga bertujuan untuk membangun ekowisata dan ekonomi kreatif.

"Kampung Konservasi TaoToba adalah sebuah kampung masyarakat yang akan dikuatkan dan dipoles oleh Alusi Tao Toba dan para donaturnya melalui beberapa kegiatan yaitu pertanian terpadu (organik), perilaku hidup bersih dan sehat, sopo belajar (perpustakaan), ekowisata, dan ekonomi kreatif," jelas Togu.

Togu mengungkapkan di dalam Kampung Konservasi TaoToba tersebut, nantinya masyarakat sekitar Danau Toba akan mendapatkan pendampingan dan pembelajaran agar dapat menjaga perekonomian keluarga dan kehidupan lingkungan dengan seimbang.

"Kampung Konservasi TaoToba dengan slogannya 'Lestarikan Danau - Selamatkan Kehidupan' akan menjadi model percontohan mekanisme mata pencaharian yang ramah lingkungan dan juga memberikan pembelajaran bagi masyarakat disana tentang pelestarian lingkungan hidup. Semua mekanisme mata pencaharian ini akan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga," ungkapnya

Kampung Konservasi Danau Toba merupakan salah satu program jangka panjang dari Yayasan Alusi TaoToba demi menjadikan Danau Toba lebih baik.

"Ini program jangka panjang. Hasilnya belum akan terlihat di 2 tahun pertama ini," demikian Togu.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa