post image
KOMENTAR


RMOLSumut. Di era yang serba digital ini, tidak dapat dipungkiri penggunaan komputer dan smartphone di keseharian membuat kita seperti tersihir dan mengakibatkan kita pun tidak bisa terlepas dari gadget tersebut. Seperti tersihir karena nggak bisa jauh dari gadget.

Tapi tahukan Anda, segala sesuatu yang berlebihan itu tak selamanya memiliki keuntungan, seperti hal nya menatap terlalu lama layar smartphone dan gadget yang malah memiliki dampak negatif bagi kesehatan kita sendiri. Apasaja dampak bagi kesehatan tersebut?? Berikut penjelasannya :

1. Penglihatan Terganggu
Anda sering mengeluh karena penglihatanmu terganggu? Ternyata, hal itu salah satunya disebabkan karena Anda terlalu lama menatap layar smartphone. Nah, gangguan penglihatan itu dalam dunia medis disebut Computer Vision Syndrome (CVS) diawali dengan gejala mata kering. Untuk itu, kamu harus mengurangi melihat layar smartphone yang terlalu lama ya! Selain itu, penting juga bagi kamu untuk menghindari melihat smartphone di tempat gelap yang memicu syaraf dan otot matamu bekerja lebih berat dari seharusnya.

2. Kelainan Postur Tubuh
Melihat layar gadget terlau lama dengan posisi badan nggak benar ternyata dapat mengakibatkan kelainan pada postur tubuh. Misalnya saat kita memainkan smartphone saat sedang duduk, dan tanpa kamu sadari dengan posisi tulang belakang yang terlalu membungkuk ke depan. Ternyata, hal itu dapat menyebabkan penyakit degeneratif yang akan kamu rasakan saat berumur 40 hinggan 50 tahun.

3. Merusak Otak
Memang dampak buruk dari radiasi gadget bagi kesehatan masih kontroversi. Namun, beberapa penelitian menyebutkan ternyata radiasi dari gadget dapat memicu tumbuhnya tumor otak dan insomnia. Jangka pendek yang akan kamu alami seperti menyebabkan rasa mual dan sakit kepala.

4. Pandangan Kabur
Lama memandangi layar smartphone membuat otot mata menjadi tegang. Otot mata yang tegang biasanya tidak mampu fokus dengan cepat pada jarak yang berbeda. Kondisi ini biasa disebut Blurry Vision. Mengatasinya, Anda habis memandangi layar gadget yang cukup lama, pejamkan mata terlebih dahulu sebelum sekitar 10 detik sebelum memandang ke arah yang berbeda.

5.Gangguan Pendengaran
Selain digunakan untuk bermain game, browsing, atau media sosial, smartphone juga digunakan untuk memutar musik dengan earphone. Mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume speaker terlalu tinggi bisa mengakibatkan pendengaran terganggu. Mendengarkan musik dengan volume kencang biasanya dilakukan saat mengendarai motor atau di tempat keramaian.


6. Mengurangi Produktivitas
Selain untuk komunikasi, gadget sejatinya dapat menunjang produktivitas penggunanya dalam kehidupan sehari-hari, seperti menerima dan membalas email, browsing internet, membuat dokumen tulisan, dan lain sebagainya. Namun lain halnya jika smartphone hanya digunakan untuk media sosial (Facebook, Twitter, Path, Instagram, dll) dan bermain game. Apalagi jika bermain game hingga lupa waktu seperti bermain Clash of Clans misalnya. Bisa dipastikan produktivitas kamu bisa berkurang karena tidak sempat lagi mengerjakan hal lain yang lebih produktif.

7. Merusak Otak
Sejauh ini memang dampak buruk dari radiasi ponsel terhadap kesehatan tubuh masih menjadi kontroversi. Namun beberapa penelitian mengatakan bahwa radiasi ponsel dapat memicu tumbuhnya tumor otak dan penyakit insomnia. Yang paling banyak dialami saat ini adalah menatap ponsel berlama-lama dapat menyebabkan rasa mual dan sakit kepala.

8. Menimbulkan Kecanduan
Berkat perkembangan teknologi terus meningkat membuat gadget dapat melakukan banyak fungsi. Kamu dapat dengan mudah menerima dan membalas e-mail, chatting, berselancar di internet, menonton video, mendengarkan musik, bermain game, atau berinteraksi di media sosial. Kemudahan-kemudahan ini disinyalir dapat menimbulkan kecanduan sehingga hampir setiap menit kita bisa mengecek ponsel apakah ada pesan masuk atau tidak. Penelitian yang dilakukan tim dari Rutgers University menyebutkan, untuk menyembuhkan pecandu smartphone, terapi yang digunakan sama seperti terapi untuk pecandu narkoba.

9. Kurang Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar
Pada saat menggunakan gadget, biasanya hampir seluruh konsentrasi pikiran kita tertuju pada gadget dan tanpa memperdulikan keaadaan sekitar. Parahnya lagi, banyak orang yang menggunakan smartphone pada saat mengendarai mobil atau motor, saat menyeberang jalan, atau menaiki eskalator yang dapat menimbulkan bahaya terhadap pengguna smartphone ini sendiri.

Jadi jangan sampai Anda kecanduan terhadap penggunaan gadget ya! Karena hanya akan mendatangkan dampak negatif bagi kesehatan. [krm]

Instagram Ternyata Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental

Sebelumnya

7 Destinasi Wisata Alam Paling Mengesankan di Bali

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Lifestyle