post image
Foto/medanbagus
KOMENTAR

Jumat (5/7/19) kembali dilaksanakan Sharing dan diskusi ringan oleh forum bisnis wirausaha muslim. Dengan tema Sistem Manajemen Kinerja Operasional yang bertempat di Triple S Cafe dan dihadiri oleh anggota Forum bisnis wirausaha muslim. Adapun peserta dari anggota dan perusahaannya, yakni: Qims, DCoach SmartSolution, RMOLSumut.com, Bimbel UI 212, Medanbagus.com, Komunitas Property Muslim, Triple S Cafe, Generasi Baru Institut, SmeS, Digital Parenting Clinic, JNE, 212 Mart, KAHMI PRENUER, HIBKA SUMUT, BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim), PRU Syariah, SEC USU, GMM Sumut, Anugrah Bakery, Aulia Software, Samera Indonesia, dan peserta lainnya.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Rahma Maidani, S.T. yang merupakan Manajer Operasional PT. SMES Konsulindo Manajemen.

Menurut alumni teknik Industri USU ini, sering terjadi masalah ketidakpuasan pelanggan terhadap produk/output dari Industri kecil dan menengah.

"Beberapa faktor yang mempengaruhi nya adalah karena mutu produk tidak standar, pengiriman tidak tepat waktu, biaya produksi tinggi", jelas Rahma.

Untuk itu perlu di kelola proses didalam produksi tsb mulai dari: Supplier, Input, aktivitas, output, dan terakhir pada proses terakhir adalah pelanggan.

Dijelaskan Rahma, setiap tahapnya harus dikendalikan. Mulai dari harus Jelasnya Permintaan Pelanggan (Spesifikasi, waktu pengiriman dan harga yg di inginkan). Design Produk harus sesuai keinginan pelanggan. Perencanaan jadwal produksi harus jelas dan terkendali. Proses Produksi harus terkendali bisa dan harus cepat dlm meningkatkan produktivitas. Material harus sesuai spesifikasi dan jumlah persediaannya terkendali.

Dan tahapan yang terakhir, "Supplier harus dikendalikan dengan melakukan seleksi, evaluasi dan monitoring supplier", tutup Rahma. [dar]

Menjadi Pengusaha Muda, Kenapa Enggak

Sebelumnya

Nyalon Ketum HIPMI Medan, Ade Prasetyo Bercita-cita Lahirkan Ribuan Pengusaha Muda

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi