post image
Fakultas Teknik USU/Foto
KOMENTAR

Program studi Teknik USU menjadi populer dan primadona bagi para calon mahasiwa baru yang ingin memilik jurusan teknik sebagai jenjang pendidikan perguruan tingginya. Yang semula hanya bisa menampung 800 orang mahasiswa, sekarang sebanyak 1.200 orang terdaftar sebagai mahasiswa baru di seluruh prodi teknik USU.

Hal ini berkaitan dengan meningkatnya akreditas beberapa program studi fakultas teknik USU menjadi A. Seperti yang dikatakan oleh Dekan Fakultas Teknik USU Ir. Seri Maulina, M.Si.,Ph.D kepada redaksi medanbagus.com "Terdapat 5 prodi dari 7 prodi dari Fakultas Teknik USU dengan ekreditas A, diantaranya prodi mesin, prodi teknik eletronika, prodi teknik kimia, prodi teknik industri dan prodi teknik arsitek. Sementara akreditas B yaitu prodi teknik sipil dan prodi teknik lingkungan".

Kriteria penilaian untuk akreditas program studi salah satunya adalah efisiensi penyelenggaraan dan produktivitas program studi serta kulaitas mutu lulusan dari program studi tersebut. Hingga saat ini Fakultas Teknik terus berupaya untuk meningkatkan peringkat Fakultas Teknik USU baik secara nasional maupun internasional. Secara nasional Fakultas Teknik USU berupaya meningkatkan kemampuannya untuk masuk ke cluster pertama peringkat universitas secara nasional.

Dikatakan oleh Ibu Seri "Saya membuat kebijakan dengan berupaya mengadopsi kegiatan kemahasiswaan yang ada di Dirjen Belamawa (Pembelajaran dan Kemahasiswaan) Kemenristekdikti kemudian saya akan melihat dari kegiatan tersebut mana yang bisa dilakukan atau sedang dilakukan oleh pihak Universitas. Untuk itu kita sekarang memanage, melaksananakan dan memantau kegiatan-kegiatan yang ada yang kita harapakan nantinya dapat mendukung peningkatan kualitas universitas. Melalui PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) kita muslai maintance dari setiap prodi berapa banyak hasil kreatifitas mahasiwa yang sudah masuk, kemudian dilakukan workshop hingga akan dihasilkan proposal yang akan bersaing di tingkat nasional".

Untuk tingkat internasional sendiri Fakultas Teknik USU memiliki dua prodi yang sedang mengikuti prodi dengan berskala internasional yaitu prodi teknik mesin dan prodi teknik kimia yang dimana masuk kedalam IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) yaitu badan yang bertanggung jawab terhadap akreditas program studi yang memberikan gelar sarjana akademik di bidang teknik dan computing dengan target dapat menjadi Provisional Member dari Washington Accord pengakuan internasional terhadap legitimasi kelembagaan maupun sistem akreditas yang diterapkan oleh IABEE.[krm]

Peduli Akademik menjadikan Kampus UMA Sebagai Pilihan

Sebelumnya

Universitas Medan Area (UMA), Kampus Unggul dan Berprestasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pendidikan