post image
Dosen Universitas Pembangunan Panca Budi bersama Siswa SMA Swasta Harapan Mekar/ MedanBagus
KOMENTAR

Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan telah mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di SMA Swasta Harapan Mekar, Medan. Di dalam kegiatan pengabdian tersebut pemateri memaparkan tentang hasil penelitian dosen yang menjelaskan tentang peranan UKM terhadap Pembangunan Ekonomi. Pematerinya adalah Dosen Ekonomi Pembangunan Universitas Pembangunan Panca Budi, didukung oleh dosen Akuntansi UNPAB dengan bidang keahlian Bussines Plan.

Pada presentasi tersebut dipaparkan konsep dasar permintaan dan penawaran, konsep Usaha Kecil Menengah dan keseimbangan permintaan dan penawaran UKM di Indonesia. Selanjutnya dipaparkan juga tentang bagaimana perkembangan dan permasalahan UKM di Indonesia dan pengambilan strategi kebijakan untuk peningkatan usaha.

Pencapaian yang diharapkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah kelompok siswa dapat mengetahui dan memahami tentang konsep dasar teori permintaan dan penawaran dan dapat melihat keseimbangan sisi permintaan dan penawaran, serta implikasinya terhadap perkembangan usaha kecil menengah dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Luarannya adalah dapat meningkatnya pemahaman dan pengetahuan siswa tentang teori UKM dan teori pertumbuhan ekonomi, serta pengetahuan peranan UKM terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Medan pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Selanjutnya siswa mampu mengoptimalkan kompetensinya dalam melihat keadaan perkembangan perekonomian di Indonesia melalui teori tersebut. Selain itu siswa dapat lebih terbuka wawasannya untuk tertarik dalam membuka usaha dan kegiatan pengabdian ini dapat memunculkan bibit-bibit pengusaha muda yang ada di Sekolah SMA Swasta Harapan Mekar. Ini dapat meningkatkan kompetensi para siswa dan pada akhirnya bisa menambah wawasan khususnya dalam bidang peningkatan ilmu kewirausahaan dan ekonomi mikro. [dar]

Lisa Andriani Lubis: Ada 3 Pusat Literasi Kota Binjai

Sebelumnya

Kadis Pendidikan Kota Binjai Buka Jambore Literasi SMP Se-Kota Binjai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pendidikan