post image
KOMENTAR

Kehebohan atas munculnya Keraton Agung Sejagat di Kabupaten Purworejo belum habis. Kini, warga di Jawa Tengah sudah kembali digegerkan dengan munculnya kerajaan baru yakni di Kabupaten Blora yakni Keraton Jipang.

Keraton Jipang muncul di Desa Jipang, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora dan bahkan terindikasi muncul lebih dahulu dibanding Keraton Agung Sejagat yang bikin heboh belakangan ini.

Dalam penelusuran Kantor Berita Politik RMOL, Keraton Jipang ini sudah eksis sejak 2014. Bahkan keberadaan keraton ini tampaknya mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Blora.

Hal ini terbukti dengan acara kirab budaya pada 2016 silam di wilayah tersebut. Di mana anggota Keraton Jipang ikut serta dalam kirab budaya tersebut.

Gusti Pangeran Raja Adipati Arya Jipang II, Barik Barliyan, selalu pimpinan tertinggi Keraton Djipang pun dengan tegas membantah pihaknya mirip dengan Keraton Agung Sejagat yang terindikasi sebagai upaya penipuan.

“Ini kembali muncul di permukaan karena sebagai upaya kami untuk tetap melestarikan sejarah dan budaya yang ada. Saya memang ada keturunan dari Adipati Jipang, Arya Penangsang,” jelas Barik, (16/1).

“Kami ada historikalnya, dulu memang sudah ada ini, sehingga jelas berbeda. Keberadaan keraton saat ini orientasinya untuk sektor pariwisata dan melestarikan sejarah dan budaya. Kalau yang di Purworejo itu orientasinya untuk penipuan. Kami juga telah terdaftar di Forum Silaturahmi Keraton Nusantara,” tegasnya. [dar]

Rumahnya Digembok Sepihak, Anak Profesor Pendiri FE USU Yang Lumpuh Terlantar

Sebelumnya

Karena Tidak Siapkan Baju, Remaja Jebolan The Voice Indonesia Aniaya Ibu Kandung

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa