post image
Net
KOMENTAR

Suplemen minyak ikan ternyata bisa membuat testis pria lebih besar dan meningkatkan jumlah sperma mereka.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open oleh American Medical Association,  menyebutkan pria yang menggunakan pil, yang mengandung asam lemak omega-3, bisa memiliki testis 1,5 ml lebih besar dan ejakulasi sperma rata-rata 0,64 ml lebih banyak. Seperti dilansir Farah.id.

Para peneliti dari University of Southern Denmark melakukan penelitian mereka terhadap 1.679 pemuda Denmark yang menjalani tes kebugaran militer.

Masing-masing laki-laki disaring untuk IMS, melakukan pemeriksaan fisik, memberikan sampel sperma dan kemudian menjawab pertanyaan tentang diet dan gaya hidup mereka.

Sebanyak 98 pria dalam penelitian itu mengatakan mereka mengonsumsi suplemen minyak ikan secara teratur dan 95 lainnya mengonsumsi suplemen vitamin D atau C.

Laki-laki dalam kelompok minyak ikan, lebih kecil kemungkinannya memiliki masalah kesuburan.  Semakin lama seseorang mengonsumsi suplemen, semakin banyak sperma yang dihasilkannya.

Berdasarkan model pria fit dan sehat yang berusia 19 tahun, jumlah sperma adalah 147 juta untuk pria tanpa asupan suplemen, 159 juta untuk pria dengan asupan suplemen lain.

Sementara itu, 168 juta untuk pria dengan asupan suplemen minyak ikan kurang dari 60 hari dan 184 juta untuk pria dengan asupan suplemen minyak ikan pada 60 hari atau lebih.

Walau begitu, penelitian ini berfokus pada pria muda yang sehat, sebagian besar dengan jumlah sperma sudah dalam kisaran subur.

"Tidak ada bukti dari penelitian ini bahwa pria infertil dengan jumlah sperma rendah mendapat manfaat dari minyak ikan," ungkap Profesor Sheena Lewis, pakar kedokteran reproduksi di Queens University, Belfast. Dikutip dari Farah.id.

Peach Gum, Minuman Sehat Mengandung Collagen yang Mampu Mencerahkan Kulit

Sebelumnya

Gubernur Edy Pastikan Pelayanan Kesehatan Sampai ke Pelosok Desa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Kesehatan