post image
Para anggota Komunitas Bisnis 101/ MedanBagus
KOMENTAR

Memiliki latar belakang yang sama ketiga Representative Komunitas Bisnis 101, Kusnandar, S.T., Yoga Nugraha, dan Aslamsyah Amirullah, S.E. memberikan wadah agar setiap pelaku UMKM meningkatkan pengetahuannya tentang pengurusan izin dan bagaimana memulai untuk berbisnis.

Nama 101 diambil dari terminologi yang berati memulai sesuatu. Atau bisa diartikan sebagai kode untuk memulai. Jadi dari nama komunitas bisni 101 ini berati tempat untuk mulai belaar tentang bisnis.  

"Komunitas ini berdiri karena memiliki latar belakang yang sama, disamping itu kami juga para pelaku umkm. Dengan masalah berbeda yang kami hadapi jadi kenapa tidak kita buat wadah tempat sharing setiap masalah itu", jelas Yoga Nugraha kepada tim MedanBagus, Rabu (19/2) di Gedung Politeknik Ganesha.

Masalah yang sering dihadapi para pelaku UMKM biasanya seperti perizinan, marketing dan digital marketing juga konten dari digital marketing.

"Dari semua permasalahan yang dihadapi masing-masing anggota, ternyata di anggota kami juga ada yang memiliki keahlian itu. Sehingga semakin yakin untuk mengembangkan komunitas ini", tambah Yoga.

Ditambahkan oleh Kusnandar, "Komunitas Bisnis 101 pada dasarnya memberikan kemudahan untuk mengarahkan pelaku UMKM mengurus perizinan. Banyak yang bertanya, kok bisa gratis ya? perizinan itukan mahal. Nah, untuk sampai ke tahap itu, terlebih dahulu saya menyarankan agar menguatkan branding pada produk karena memang pelaku UMKM sekarang harus proaktif agar dilirik pemerintah".  

"Dalam komunitas ini tak hanya pelaku bisnis, akademisi juga akan turut dalam komunitas, karena tidak tertutup kemungkinan nantinya akan ada yang menjadi pelaku bisnis, Misalnya ada yang ingin melakukan pensiun dini, tapi tidak tau kedepannya mau ngapain. Nah, disinilah kita bantu untuk belajar menjadi seorang pebisnis", kata Kusnandar.  

Alamsyah Amirullah salah satu representative juga menjelaskan jika komunitas ini masih baru dibentuk. Hanya saja memiliki alasan yang sama menjadikan mereka bergerak cepat sehingga lebih kepada action.

Terakhir, Kusnandar mengatakan keinginanya agar nantinya komunitas ini mampu menjembatani pasar seperti go global, go modern, dan go digital. Juga siap menuju retail dan lintas provinsi.

"Kita akan terus membangun", tutupnya.

Berminat menjadi anggota atau tau lebih lengkap tentang komunitas ini silahkan hubungi kontak 0812 6246 9779.

Sahabat Rakyat: Corona Basmi Corona

Sebelumnya

BMH Bantu Sembako Orang Tua Santri Quran yang Prasejahtera di Lubuk Hulu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Komunitas