post image
KOMENTAR
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sangat terkesan dengan kehidupan harmonis yang kembali terwujud di Ambon pasca konflik horisontal beberapa tahun lalu.

"Bagi saya, Ambon dan Maluku memberi kenangan luar biasa, karena saya dulu ikut menangani konflik Ambon dan sekarang masyarakatnya hidup dinamis bersatu, tidak ada sekat," ujar Megawati seusai memberikan bantuan kepada pengungsi korban banjir bandang di Desa Hative Kecil, Kota Ambon, Maluku (Rabu, 3/6).

Untuk diketahui, kedatangan Megawati ke Ambon dalam rangka konsolidasi dan pemantapan tiga pilar partai, yaitu eksekutif, legislatif dan yudikatif. Sebelumnya, kegiatan serupa digelar di Gor Jatidiri Semarang Jawa Tengah dan Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara.

Tampak ikut dalam rombongan diantaranya Ketua Fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani, Sekjen DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, Ketua DPP PDI Perjuangan Effendi Simbolon dan Wasekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah.

Ambon memang berkesan di mata puteri Bung Karno ini. Sebab sewaktu menjabat Wakil Presiden RI saat itu, Megawati mengemban tugas menyelesaikan konflik horisontal yang mendera Ambon saat itu.

Dalam sambutannya di lokasi Bencana, Mega bercerita bagaimana saat itu dia sampai harus berada di kapal perang selama dua minggu untuk melakukan koordinasi penyelesaian konflik Ambon.

"Saya saksi hidup ketika saya masuk saya melihat kesedihan dan keprihantinan, rumah-rumah terbakar," ingatnya.

Untuk itu, Megawati menasihati agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh omongan orang yang tidak dikenal dan mengatakan hal yang tidak baik.

"Tolong dilestarikan perdamaian, tidak mungkin ada kehidupan kalau terus terjadi kekerasan," lanjut Megawati.

Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, hadir saat Megawati memberikan bantuan kepada warga.

Banjir bandang yang terjadi 1 Agustus lalu menelan 10 orang tewas dan ratusan rumah hancur berat. Megawati pun menyerahkan bantuan lima ton beras, satu ton gula, 150 kaleng susu, 500 set pakaian siswa, 200 seng dan 200 sack semen. Usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Megawati langsung ke GOR Baileo Siwalima, Kota Ambon Maluku untuk memberikan pengarahan sekaligus membuka rapat kordinasi dan pemantapan tiga pilar. [rmol/hta]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa