post image
KOMENTAR
  Setelah berhari-hari larut dalam Kongres partai yang penuh retorika, nama-nama anggota Dewan Harian Politbiro Komite Sentral Partai Komunis China akhirnya ditelurkan.

Mereka adalah Xi Jinping (Sekretaris Jenderal Komite Sentral PKC), Li Keqiang, Zhang Dejiang, Yu Zhengsheng, Liu Yunshan, Wang Qishan (Sekretaris Komisi Disiplin Pusat) dan Zhang Gaoli. Merekalah yang akan memimpin China selama 10 tahun ke depan.

Media-media massa internasional sudah menebak hasil itu jauh sebelumnya. Bukan hal aneh, transisi kekuasaan di negara dengan kekuatan ekonomi nomor dua dunia itu memang oligarkis. Satu-satunya partai di pemerintahan adalah Partai Komunis.

Wakil Presiden Xi Jinping (59) akan menggantikan Hu Jintao, Presiden China saat ini, pada Maret 2013.

Dewan Harian kali ini jumlahnya lebih sedikit dari jajaran Dewan Harian Politbiro sebelumnya, yakni sembilan orang. Mereka yang duduk di jajaran Dewan Harian Politbiro tersebut dimunculkan ke hadapan publik satu per satu, di Balai Besar Rakyat di Beijing.

Masa depan Negeri Tirai Bambu itu sudah bisa ditebak sebelum Kongres Partai Komunis yang berlangsung sepekan ini berakhir, meski Beijing baru hari ini mengumumkan para pemimpin baru.

Nama Wakil Presiden Xi Jinping sudah beredar lama untuk memegang posisi Presiden China menggantikan Hu Jintao. Sementara, Wakil Perdana Menteri Li Keqiang, telah diperkirakan akan memegang posisi PM menggantikan Wen Jiabao.

Lima tahun yang lalu, Xi sudah ditatar untuk menjadi pengganti Hu sebagai Sekjen PKC. Pemimpin baru ini akan bertugas memimpin China dalam 10 tahun mendatang.

Pemerintah China yang baru akan dihadapi dengan sejumlah tantangan, termasuk di antaranya adalah mengatur perekonomian. China pun harus memusatkan perhatiannya pada sektor pertanian, karena belakangan ini, jutaan warga China sudah memutuskan untuk pindah ke kota.

Antara tahun 1982 dan 2010, populasi China meningkat. Namun, jumlah warga di desa justru berkurang dari 790 juta ke 710 juta. Jutaan hektare lahan pertanian akan terabaikan karena banyaknya warga yang meninggalkan sektor pekerjaan itu. [rmol/hta]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa