post image
KOMENTAR
Tim Terpadu Riset Mandiri sudah mendapatkan fakta yang "luar biasa" yang jika diumumkan dapat mendongkrak jumlah pengunjung Gunung Padang di dari puluhan ribu menjadi jutaan orang baik dari dalam dan luar negeri, dari berbagai suku, etnis dan beragam agama dan kepercayaan.

Sebelum mengumumkan temuan yang luar biasa itu, tim yang dibentuk kantor Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Alam dan Bencana merasa masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Menurut SKP bidang BSB Andi Arief, saat ini pihaknya sedang mengkonsolidasi semua hasil riset yang telah mereka lakukan selama dua tahun terakhir.

"Kami juga mengajak pemerintah Cianjur dan warga sekitar Gunung Padang untuk berbenah. Menyediakan infrastruktur, terutama jalan. Juga berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial," ujar Andi Arief (Minggu pagi, 9/12).

Dia juga mengatakan, baru-baru ini pihaknya mendapatkan surat dari Kementerian Riset dan Teknologi serta Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kemenristek menyatakan bahwa sampai saat ini belum melakukan riset khusus. Adapun Badan Geologi Kementerian ESDM telah meneliti sejumlah gunung purba.

"Kami menyambut positif semua (hasil riset) yang dilakukan (pihak-pihak lain). Ini untuk saling melengkapi dan pada akhirnya fakta ilmiah dan nyata yang harus kita hormati bersama. Perbedaan (dalam penelitian) adalah hal biasa, tapi fakta akan menyatukan kita semua," demikian Andi Arief. [guh]

Pemantapan Sebelum Dipentaskan Diajang Bergengsi, Mantra Bah Tuah Mendulang Dukungan dan Apresiasi

Sebelumnya

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Budaya