post image
KOMENTAR
Keputusan Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut), tidak meloloskan tujuh partai politik, mendapat tanggapan berbeda oleh masing-masing pengurus partai, yang hadir dalam rapat pleno pengumuman hasil verifikasi 18 parpol rekomendasi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pilkada (DKPP), di Kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan Sabtu (22/12/12).

Pengurus partai yang tidak lolos sebagian terlihat protes dan mempertanyakan hasil verifikasi yang diumumkan KPU Sumut.

Salah satunya yakni, Sekretaris DPD Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaenisme, Jamser Limbong. Ia menyatakan keberatan karena KPU Sumut menyatakan status dan domisili kantor mereka yang tidak jelas.

"Kami kan sudah melampirkan pernyataan-pernyataan dari tokoh-tokoh marhaenisme mengenai status kantor, tapi kenapa tidak lolos?, " katanya kepada Komisioner KPU Sumut.

Meski diprotes, namun KPU tetap tidak mengubah keputusannya. Komisioner KPU Sumut, Surya Perdana, mengatakan surat pernyataan tersebut tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, karena tidak menjelaskan status bangunan yang ditempati apakah hibah atau sebagainya.

"Kami butuh pernyataan dari instansi resmi, karena surat-surat lampiran dari tokoh-tokoh tersebut tidak sama dengan yang diminta undang-undang, " jelas Perdana.

Berbeda dengan partai yang tidak lolos, pengurus dari partai yang lolos justru terlihat tersenyum dengan keputusan KPU Sumut.

Sebab sebelumnya mereka sudah dibatalkan kepesertaanya sebagai Partai Politik peserta Pemilu 2014 oleh KPU Pusat.

Ketua DPD Nasional Republik (Nasrep) Sumut, Harmein Oesman, usai menerima berkas pengumuman berharap, dengan keputusan didaerah ini, juga di ikuti oleh proses verifikasi partai Nasional Republik di seluruh kabupaten/kota se-Sumut.

"Saya berharap partai kami bisa lolos dari semua tahapan verifikasi menjadi peserta pemilu 2014 mendatang, " ujar Oesman.

Dirinya bahkan langsung meminta seluruh kader memanfaatkan lolos verifikasi ini untuk mengangkat citra mereka di Sumut.

"Seluruh jajaran kader harus gunakan momentum lolos verifikasi ini untuk berbuat kebaikan di masyarakat, agar partai kami bisa menjadi yang dicintai rakyat Sumut. "  [alf]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa