post image
KOMENTAR
MBC. Hati-hati dengan kosmetik. Bukan bikin Anda tambah cantik, justru akan merusak kulit. Lihat saja langkah Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru, Riau, yang pagi ini baru memusnahkan sebanyak 692 jenis kosmetik mengandung zat kimia berbahaya yang terbagi dalam 23.662 kemasan.

Kepala BBPOM Pekanbaru, I Gede Nyoman Suandi, mengatakan, seluruh barang yang dimusnahkan merupakan hasil sitaan BBPOM sepanjang tahun 2012. Temuannya ada di berbagai wilayah Riau, termasuk Pekanbaru.

Dalam jumpa pers, usai pemusnahan barang bukti, di ruang kerjanya Kantor BBPOM Jalan Dipoenegoro, Pekanbaru, dia mengatakan, selain kosmetik, pihaknya juga memusnahkan sejumlah hasil sitaan lainnya. Termasuk obat produksi pabrik dengan kasus kadaluwarsa dan berdosis tinggi sebanyak 2.849 item atau sebanyak 301.884 kemasan (botol/tablet/tube).

Kemudian ada pula obat tradisional berjumlah 350 item dan 9.394 kemasan serta ragam produk pangan dan minuman sebanyak 407 item dan 42.477 kemasan.

"Seluruhnya dimusnahkan dengan cara dibakar dan dikubur. Untuk sample dimusnahkan di halaman Kantor BBPOM. Sementara kebanyakan dibuang atau dimusnahkan di tempat pembuangan akhir atau TPA Muara Fajar," katanya.

Nyoman menjelaskan, total keseluruhan hasil sitaan itu mencapai lebih Rp1,99 miliar. Dengan uraian, untuk yang jenis obat ditaksir senilai Rp814,7 juta, kosmetik senilai lebih dari Rp593 juta, dan obat tradisional senilai lebih Rp109 juta.

"Untuk ragam produk pangan dan minuman, nilainya mencapai Rp480,43 juta. Seluruhnya dimusnahkan untuk pengosongan gudang yang sempat penuh melebihi kapasitas," katanya. [ant/ald/ans/rmol]

Anak Dan Ayah Keroyok Warga Hingga Tewas Di Medan

Sebelumnya

Ini Obat Cair Yang Digunakan Reynhard Sinaga 'Predator Seksual' Dalam Memperdaya Korbannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Kriminal