post image
KOMENTAR
Seperti halnya mudik yang terjadi di Indonesia jelang hari raya keagamaan, sekitar 200 juta masyarakat Cina juga melakukan tradisi pulang kampung menjelang perayaan Tahun Baru Imlek. Pasalnya, Imlek merupakan hari libur tahunan yang paling penting bagi sebagian besar masyarakat Asia.

Banyak cara yang dilakukan untuk sampai ditempat tujuan seperti naik kereta api, pesawat, dan bus. Bahkan banyak dari mereka yang melakukan perjalanan hingga beberapa hari.

Para buruh migran di Cina seringkali hanya memiliki hari libur per tahun saat liburan Imlek. Maka dari itu mereka memanfaatkan ini untuk mengunjungi sanak saudara mereka di kampung halaman.

"Bagi masyarakat Cina, hal yang paling penting dalam Imlek adalah berada bersama keluarga. Keluarga selalu menjadi yang pertama," kata Jin Yuan, seorang pekerja di Beijing yang berusia 34 tahun, seperti yang dikutip Reuters (Sabtu, 9/2/2013).

"Tidak peduli seberapa sibuknya saya, saya harus pulang. Itulah mengapa begitu banyak orang di Beijing pulang kampung saat Tahun Baru Imlek," lanjut Jin Yuan.

Dalam zodiak China, Tahun Baru Imlek pada 10 Februari esok akan menjadi Tahun Ular, mengambil alih dari Tahun Naga pada 2012. [ian/rob/rmol]
 

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas