post image
KOMENTAR
Musim ini, posisi yang paling sering jadi sasaran kritik di Manchester United adalah kiper. David De Gea yang didatangkan dari Atletico Madrid seharga 20 juta euro pada 2011, dianggap belum memenuhi ekspektasi.
    
Makanya, manajer United Sir Alex Ferguson sering merotasinya dengan Anders Lindegaard. Tetapi, setelah pertandingan melawan Real Madrid, Kamis (14/2) dini hari WIB, hanya ada pujian yang tersisa buat kiper beruisia 22 tahun itu.
   
Pujian beruntun kepada De Gea tidak lepas dari performa hebatnya. Sepanjang pertandingan, dia melakukan tujuh penyelamatan dan sekitar empat di antaranya berpeluang gol. Tak heran, dia ditahbiskan sebagai man of the match. 
   
"Kami dipaksa bertahan seperti itu. Beruntung David De Gea bermain luar biasa. Dia membuat tiga atau empat penyelamatan fantastis sepanjang pertandingan," puji Fergie, sapaan Ferguson, seperti dikutip Reuters.
   
Tactician asal Skotlandia itu berterima kasih karena De Gea mampu menahan peluang emas Fabio Coentrao dua kali, Mesut Oezil sekali, dan peluang Sami Khedira. Itu adalah peluang-peluang yang menurut Fergie, berpotensi besar gol.
   
Performa De Gea itu membungkam kritik yang selama ini ditujukan kepadanya. "Dia terus berkembang musim ini. Saya ingat ada satu penyelamatan pada babak pertama di mana dia mampu menyentuh bola yang harusnya lepas dari area jangkauannnya," jelas Fergie.
   
Senada dengan sang manajer, pemain senior Ryan Giggs juga memuji De Gea sebagai sosok penentu pada pertandingan kemarin dini hari. "Sangat bagus baginya kembali ke Madrid dan menunjukkan performa seperti itu. Dia kiper top dan kemampuan menahan bolanya tiada duanya," kata Giggs.
   
Tekanan kembali bermain di Madrid, kota tempat dia memulai karir bersama Atletico, mampu diatasi dengan baik. "Banyak tekanan kepadanya, terutama fakta bahwa dia mantan pemain Atletico dan dia mengatasi dengan baik," kata winger asal Wales itu.
   
Mantan striker United Michael Owen menilai, De Gea punya potensi untuk sehebat Edwin van der Sar. "Banyak kiper lain melakukan kesalahan lebih banyak, tetapi jarang dibicarakan. Itu karena harga dan klub yang dibela. Cukup adil. David kiper potensial," kata Owen. [jpnn/rob]
 

Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Olahraga