post image
KOMENTAR
Walikota Medan Rahudman Harahap dijadwalkan akan membuka Musyawarah Seniman Medan di Gedung Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) untuk membahas mengenai program kesenian jangka panjang. Musyawarah itu akan dilasanakan pada hari Senin- Rabu (25-27/2/2013).

Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia Musyawarah Seniman Medan, Jaya Arjuna didampingi Arie F Batubara kepada wartawan dalam rapat pemantapan panitia di gedung TBSU, Minggu (24/2/2013) malam.

"Wali Kota Medan Rahudman telah memastikan akan menghadiri dan membuka musyawarah tersebut dan berjanji akan hadir serta membuka musyawarah ini besok," ujarnya.

Dia menjelaskan, bahwa tujuan penyelenggaraan musyawarah adalah untuk menyatukan visi, mempersamakan paham, persepsi dalam konteks pengembangan kesenian di Medan.

"Yang akan di bahas esok adalah, bagaimana mengembangkan kesenian untuk menghasilkan karya-karya yang bermutu dan bagus. Juga akan dibahas mengenai isu-isu berkembang tentang kebudayaan dan seni di Kota Medan, bahkan Sumatera Utara," tambahnya lagi.

Jaya menambahkan lagi, capaian nilai kesenian ke depan yang diharapkan tentu saja tidak bisa diperoleh dengan begitu saja. Harus memiliki beberapa faktor pendukung, seperti suasana iklim berkesenian yang kondusif dan nyaman dalam berolah kreasi. Serta ketersediaan sarana dan prasarana fasilitas yang memadai.

"Sarana/prasarana itu, mencakup banyak hal, bukan hanya gedung, namun juga sarana pelatihan. Juga dukungan kelembagaan, misalnya Pemko, sebagai pihak yang memiliki kewajiban memfasilitasi seniman. Yang semestinya mampu memberi dorongan kepada seniman," tandasnya. [ded]

Pemantapan Sebelum Dipentaskan Diajang Bergengsi, Mantra Bah Tuah Mendulang Dukungan dan Apresiasi

Sebelumnya

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Budaya