post image
KOMENTAR
Penilaian Desk Pilkada Sumut yang paling mantap penyelenggaraannya oleh Kemendagri dinilai tidak tepat. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi harus segera meralat dan memperbaiki ucapannya itu.

"Dari mana ukuran Menteri Dalam negeri menyebutkan desk pilkada Sumut paling mantap. Gamawan Fauzi harus cepat meralat pernyataannya itu, pernyataan masuk angin itu," desak pengamat politik Sumut, Shohibul Ansyor menjawab MedanBagus.Com, Senin (11/1/2013).

Kalau ukurannya aman, damai dan kondusif yang dipakai, menurut dosen UMSU ini, itu adalah pendekatan militer. "Tidak ada kerusuhan, tidak ada pembakaran dan sebagainya, itu ukuran TNI dan Polri," sebutnya.

Padahal aman, damai dan kondusif yang paling substansi adalah terjamin dan terselenggaranya semua proses demokrasi yang meliputi terjaminnya warga menyampaikan hak pilihnya.

"Yang terjadi warga belum terjamin prinsip demokrasinya. Utamanya soal DPT dan distribusi undangan atau formulir C6, jadi pendekatan keamanan untuk demokrasi jauh maknanya dari keamanan untuk militer," kata Shohibul.

"Warga tak terdaftar di DPT. Dikabarkan dengan memperlihatkan KTP diperbolehkan, tapi saat di TPS tak diperbolehkan, itu apa namanya?" tanya Shohibul.

Makanya, sebelum terlanjur, Mendagri harus meralat itu penghargaan yang diberikannya kepada KPU Sumut soal penyelenggaraan Pilkada yang mantap.

Selain soal kacaunya DPT dan distribusi formulir C6, ia juga menyoroti netralitas dan independensi dari penyelenggara Pilkada Sumut.

"Sangat diperlukan kejujuran mereka di sini, ayo buktikan, ini belum dibuktikan malah disebut sebagai desk pilkada yang mantap, rata-rata penyelenggara biasanya akan menguntungkan incumbent, dimana jujurnya," cecar Shohibul.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri memberikan apresiasi dan prestasi atas pelaksanaan Pilgub Sumut. Desk Pilkada Sumut juga dinilai Mendagri paling mantap.

"Pertama Sumut yang dikenal dinamis heterogen padat penduduk hampir 1,5 juta jiwa mampu menjaga suasana yang kondusif sehingga pilgub Sumut benar-benar aman dan terkendali," kata Dirjen Kesbangpol Kemendagri A Tanribali Lamo, Jumat (8/3) saat memantau pelaksanaan Pilkada tersebut di Medan.

Ia mengaku salut dan memberi apresiasi tinggi terhadap responsibilitas maupun kepedulian semua pihak menyukseskan Pilgub Sumut masa bakti 2013 - 2018. [rob]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa