post image
KOMENTAR
Warga yang menggarap lahan di area PTPN II Kebun Helvetia, Labuhan Deli, Deli Serdang, bentrok dengan buruh PTPN II, Kamis (14/3/2013). Akibatnya, sejumlah warga mengalami luka.

Dari keterangan yang dihimpun MedanBagus.Com, bentrokan berawal ketika buruh PTPN II mendatangi areal bekas penanaman buah tebu yang sudah ditanami oleh warga penggarap.  Dengan kekuatan massa yang menumpangi tiga truk, buruh PTPN II langsung mencabuti tanaman ubi yang ditanam penggarap, sambil menyerang membabi buta.

Melihat salah seorang rekannya, Santos Hutahean mengalami luka di bagian kepala, para penggarap pun kemudian memberikan perlawanan.

Bentrokan itu kemudian dilerai setelah petugas Polresta KP3 Belawan dan Polsekta Belawan serta Polsekta Hamparan Perak dan Polsek Medan Labuhan diturunkan ke lokasi.

Dari lokasi, petugas menahan sejumlah senjata tajam yang belum diketahui kelompok mana yang memilikinya.

"Kami lakukan ini untuk mempertahankan kebun tebu ini sesuai dengan HGU 111 Areal PTPN II dika wasan Pasar 10 Labuhan Deli, yang dimulai sejak tahun 2003 dan akan berakhir tahun 2028," kata Manajer PTPN II, Ir Edi Suranta Tarigan.

Disampikan Edi, tidak ada dasar atau alasan pihak penggarap atau kelompok tertentu mengarap tanah lahan yang memiliki HGU.

Sementara itu, sejumlah petugas kepolisian masih ditempatkan di areal itu guna mencegah terjadinya bentrok susulan.

"Personel disiagakan mengantisipasi bentrok susulan," ujar Kasat Reskrim Polresta KP3 Belawan, AKP Yudi P SIK.[hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas