post image
KOMENTAR
Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie mengatakan akan terus ikut mendorong upaya pelestarian kesenian dan budaya jawa sebagai warisan turun temurun.

"Maka, saya sangat gembira bertemu bapak-bapak (seniman dan budayawan) sekalian, semua yang pernah dilakukan harus dipertahankan," kata Aburizal pada sarasehan bersama sejumlah seniman dan budayawan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, kesenian termasuk budaya jawa yang identik dengan orang jawa saat ini tidak hanya dijumpai di daerah-daerah, tetapi juga di kota-kota besar, mulai dari anak-muda, dewasa hingga orang tua.

"Oleh karena itu, kemauan bapak-bapak untuk terus membina budaya dan kesenian jawa, saya kira akan didorong agar terus dikenal bangsa Indonesia," katanya.

Aburizal mengatakan tahun lalu pihaknya telah memberikan penghargaan bagi enam kesenian budaya jawa, di antaranya wayang hingga dhalangnya, kesenian ketoprak dan ludruk dengan harapan dapat terus dipertahankan.

"Dan Inysa Allah tahun ini kami akan memberikan penghargaan lagi bagi kesenian budaya dan pelestari budaya jawa," katanya.

Ia juga mengharapkan kesenian budaya jawa dapat dilestarikan secara regenerasi oleh para pelestari budaya, karena budaya jawa merupakan budaya luhur yang harus terus dijaga, jangan sampai hilang.

"Saya juga berharap, sebagai orang jawa jangan sampai identitas orang jawa itu hilang, sehingga tetap asli dan kelihatan orang
Jawa-nya. Saya berencana akan membuat acara yang besar untuk melestarikan budaya jawa," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Gandung Pardiman mengatakan pihaknya berencana mengadakan festival kesenian, dengan hadiah total sebesar Rp150 juta untuk mendorong kelestarian budaya Jawa.

Sarasehan bersama seniman Bantul ini merupakan serangkaian kampanye mencari dukungan Aburizal Bakrie sebagai calon Presiden 2014.

Sebelumnya, Aburizal bersama Gandung Pardiman meresmikan Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Falaah. [rob]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas