post image
KOMENTAR
Sounds Man atau ahli tata suara akan melakukan penyelidikan kedua di Old Trafford saat derby Manchester, yang berlangsung sesaat lagi, (8/4/2013). Penyelidikan pertama telah dilakukan saat MU melawan Liverpool, Januari silam.

Juru bicara United mengatakan kepada MUTV, penyelidikan ini dilakukan untuk menerima atau menolak opsi zona bernyanyi di stadion berkapasitas 75.765 penonton itu.

Penyelidikan di Old Trafford yang merupakan stadion terbesar di antara stadion klub Premier League lainnya itu, berangkat dari kenyataan kapasitas besar itu tidak diimbangi dengan atmosfer suara yang dahsyat.

Dengan kata lain, gemuruh suara penonton di Old Trafford kalah dahsyat dengan stadion lainnya. Sebut saja dengan Anfield sekalipun kapasitasnya hanya 45.276 penonton.
 
Awalnya, fans United dituding sebagai penyebabnya. Mereka dianggap datang ke Old Trafford hanya sebagai penonton sepak bola ketimbang meneriakkan yel-yel untuk Setan Merah tiada henti sepanjang pertandingan.
 
Tapi, fans United balik menyalahkan klub karena memberikan porsi terlalu banyak untuk tamu sehingga mereduksi dukungan. Jalan tengah pun diambil. Yakni, mendatangkan sounds man atau ahli tata suara untuk menyelidiki penyebabnya kurang berisiknya Old Trafford.
 
Hasilnya, tata letak tribun stadion ternyata ikut memberi pengaruh. Salah satunya di Stretford End atau tribun barat Old Trafford yang berkapasitas 15 ribu dan ditempati para pemegang tiket terusan itu Itu didukung pengakuan Stretford Enders, fans United yang selalu menonton di Stretford End.
 
"Suporter di Stretford End berpikir mereka sudah cukup ramai bersuara. Padahal, teman-temannya di bagian tribun lainnya mengatakan tak bisa mendengar mereka," kata seorang Stretford Enders yang tidak disebutkan namanya seperti dilansir Manchester Evening News.
 
Seiring mustahil merombak tribun di tengah kompetisi berjalan, opsi lain dimunculkan. Yakni, membuat "zona bernyanyi" atau mengumpulkan suporter militan dalam satu lokasi. Langkah itu pernah dilakukan Arsenal di Stadion Emirates. Tapi, zona yang kala itu dinamai "Red Action" tersebut lantas dihapuskan oleh klub dengan pertimbangan keamanan. [rob]

 

Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Olahraga