post image
KOMENTAR
MBC. Apa yang akan terjadi dengan akun surel Anda, atau halaman blog Anda, setelah Anda meninggal dunia?

Ini salah satu topik yang sering dipikirkan pengguna jejaring media massa dunia maya yang menggunakan internet sebagai sarana komunikasi dan mengaktualisasi diri.

Google punya jawaban yang cukup sederhana untuk pertanyaan ini.

Baru-baru ini, jawaban itu dirumuskan dalam satu program baru "Inactive Account Manager".

Dengan layanan ini, Anda yang menggunakan Google dan segala aplikasinya akan diberi kesempatan untuk memilih apa yang harus dilakukan Google terhadap akun Anda bila tidak aktif dalam masa tertentu.

Tawaran masa tidak aktif dalam layanan itu adalah tiga, enam, sembilan dan 12 bulan. Bila akun Anda, baik itu Google messages, Blogger, Contacts, Google+ Google Voice maupun YouTube, tidak aktif sepanjang periode yang sudah Anda tentukan, maka Google secara otomatis akan mengirimkan notifikasi kepada Anda baik melalui pesan pendek via nomor telepon genggam Anda (bila didaftarkan) ataupun melalui alamat e-mail alternatif milik Anda.

Dan bila untuk masa waktu tertentu Google tidak memperoleh jawaban dari Anda, maka Google akan mengasumsikan bahwa Anda telah meninggal dunia.

"Kami berharap feature membuat Anda merencanan kehidupan digital Anda setelah kematian," ujar Goggle dalam blognya sebagaimana dilansir Rakyat Merdeka Online.

Anda tentu punya pilihan lain berkaitan dengan akun-akun Anda pasca kematian. Misalnya dengan memberikan kepercayaan kepada orang-orang yang Anda percaya untuk melanjutkannya.

Bila ini yang Anda pilih, maka Google memberikan kesempatan Anda menunjuk maksimal 10 orang sebagai pelanjut.

Bila akun Anda tidak aktif sepanjang masa tertentu, Google akan mengirimkan notifikasi kepada orang-orang yang telah Anda beri kepercayaan.

Nah sekarang, bila Anda telah siap mewarisi akun Anda di Google, segera hubungi orang-orang kepercayaan Anda. Minta mereka bersiap-siap menerima warisan digital itu. [ans]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Komunitas