post image
KOMENTAR
MBC. Dewan Perwakilan Daerah (DPD) saat ini bak bidadari molek dan bertubuh seksi pula. Saking seksinya, mantan pejabat, mantan anggota parpol berbondong-bondong menjadi caleg DPD.

Namun, bagi Anggota DPD asal DKI Jakarta menilai kalau fenomena tersebut sangat wajar. Apalagi pasca keputusan MK yang memberikan tambahan kewenangan, membuat elemen masyarakat berbondong-bondong menjadi caleg DPD.

"Periode lalu caleg DPD dari DKI Jakarta hanya 30 orang. Tapi sekarang membengkak menjadi 40 orang," kata AM Fatwa pada dialog kenegaraan bertema "Membludaknya Caleg DPD, Ada Apa?" di gedung DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Selain AM Fatwa, pembicara lainnya adalah Juniwati Masjchun Sofwan anggota DPD asal Jambi dan Rekson Silaban calon nggota DPD dan mantan Komisaris PT Jamsostek dan Hanta Yudha,  pengamat politik

Menurut dia, pada periode lalu,  caleg DPD didominasi anak muda, terutama anak-anak pejabat daerah. Nah, kali ini AM Fatwa yang juga politisi PAN ini mengatakan kalau idealnya anggota DPD adalah mantan mantan gubernur, Pangdam, Kapolda dan  mantan pembina wilayah.

"Sangat bagus sekali kalau mereka menjadi anggota DPD dan menjadikan lembaga ini sebagai forum untuk memperjuangkan nasib daerah. Periode lalu, anggota DPD dari kalangan anak muda dan idealnya mereka menjadi anggota DPR," kata AM Fatwa seperti dilansir Rakyat Merdeka Online.[ans]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa