post image
KOMENTAR
Berapa setoran para anggota DPR untuk partainya? Bervariasi tergantung kebijakan partai masing-masing. Partai Demokrat menyebut angka Rp5 juta, sedangkan PDI-P mencapai Rp25 juta.

Partai berlambang bintang Mercy misalnya mewajibkan menyetor sebagian gajinya setiap bulan ke partai. Untuk periode 2009-2014, anggota dewan wajib bayar Rp 5 juta tiap bulan.

"Kami menyetor ke DPP setiap bulan pada periode 2004-2009 sebesar Rp 2 juta per bulan, tahun 2009-2014 sebesar Rp 5 juta per bulan," jelas Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana Siregar, di Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Sutan menjelaskan, dana Rp 5 juta setiap bulan itu digunakan untuk menjalankan operasional DPP. Selain itu, uang setoran juga digunakan untuk mendukung struktur partai hingga tingkat DPC.

"Ya untuk biaya operasional DPP, kan DPP juga harus bisa jalan untuk mensupport semua DPD dan DPC di seluruh daerah," tegasnya.

PDI-P juga juga mewajibkan hal yang sama. Setiap bulan, anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan wajib menyetorkan dana sebesar Rp 25 juta melalui fraksi.

"Iya, Rp 25 juta (setoran ke partai)," jelas Politikus PDI-P, Eva Kusuma Sundari, di Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Sutan bilang dana sebesar itu dinilai wajar dikeluarkan demi memperjuangkan nasib rakyat di DPR.

Sedangkan Eva menjelaskan, uang tersebut dikumpulkan dari ratusan anggota DPR PDI Perjuangan dipergunakan untuk biaya operasional sehari-hari. Baik fraksi, DPP ataupun biaya keikutsertaan partai dalam pilkada.

"Gotong royong merupakan strategi perjuangan termasuk pendanaan politik," kata Eva. [rob]


Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa