post image
KOMENTAR
Dua orang tewas dan empat lainnya terluka akibat runtuhnya menara Masjid Agung di Jalan Sudirman, Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Diketahui, bangunan bagian atas masjid yang kini dalam proses pembangunan itu rubuh, Senin (13/5/2013), sekitar pukul 11.00 WIB.

Demikian Kapolres Asahan, AKBP Yustan Alpiani kepada wartawan melalui sambungan telepon, sesaat lalu.

Menurutnya, enam pekerja saat itu berada di lantai dua masjid namun tiba-tiba, menara masjid yang berada di atas mereka rubuh dan menimpa enam pekerja tersebut.

Akibatnya, dua orang pekerja berinisial AK (24) dan JL (20), tewas di lokasi. Sementara empat pekerja lain yang bekum diketahui identitasnya terluka dan kini dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Namun, Kapolres belum bisa menyimpulkan penyebab runtuhnya menara masjid tersebut. "Masih dalam penyelidikan. Nanti kita kabari," ujarnya.

Informasi yang diperoleh MedanBagus.Com, masjid Agung yang akan didirikan di Kisaran itu akan mampu menampung jamaah sebanyak 6 ribu orang dan di luar ruang utama sebanyak 3 ribu orang.

Sedang pembangunan masjid ini langsung dikelola Pemkab Asahan dan panitia pembangunan adalah Bupati Asahan. Rencananya nama masjid diambil dari nama ayah dari Abu Rizal Bakrie yakni Masjid Agung H Ahmad Bakrie.

Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan masjid sebesar Rp40 miliar lebih yang bersumber dari APBD dan bantuan masyarakat dan diprogramkan akan selesai selama 4 tahun.

Sementara untuk alun-alun kota seluas 2 hektare dan hutan kota seluas 2 hektare yang bersepadan dengan Masjid Agung, untuk dua proyek tersebut dibutuhkan dana Rp30 miliar lebih.

Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang, pada peletakan batu pertama pembangunan masjid yang dilakukan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, medio Mei 2011 lalu, menjelaskan, lokasi Masjid Agung Kisaran di atas tanah 4 hektare, dan masjid dilengkapi dengan Islamic Center, balai pertemuan, ruang untuk acara pernikahan, dan pendidikan hafidz Qur’an untuk tahap pertama sebanyak 200 anak didik.


Aburizal Bakrie dan Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang melakukan peletakan batu pertama Masjid Agung, Kisaran, Kabupaten Asahan Mei 2011 lalu. Foto: Dok Humas Pemkab Asahan

Peletakan batu pertama itu juga bertepatan dengan peringatan 100 Tahun Bakrie Sumatra Plantations.

Menurut Taufan direncanakan pembangunan akan selesai dalam empat tahun. Sebagai tahap awal, Pemkab Asahan telah mengalokasikan dana sebesar Rp5 miliar dalam APBD tahun 2011. Untuk pembagunan alun-alun sebesar Rp2 miliar dan hutan kota sebesar Rp2 miliar.

Pada kesempatan itu, Taufan berterimakasih atas bantuan Aburizal Bakrie. "Kepada Bapak Aburizal Bakrie sekali lagi saya atas nama Pemkab Asahan dan masyarakat Asahan mengucapkan terima kasih atas bantuannya," ucap Taufan saat peletakan batu pertama.

Ketika itu, Taufan juga mengatakan, Pemkab Asahan berencana nama Masjid Agung tersebut nantinya diberi nama Ahmad Bakrie yang merupakan orang tua dari Aburizal Bakrie. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Komunitas