post image
KOMENTAR
Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT)  Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 akan dilaksankan dua hari lagi yakni 1 Agustus 2013. Secara khusus bagi anggota DPRD yang pindah partai politik, mereka harus melampirkan surat pernyataan telah mundur dari anggota dewan atau surat yang menyatakan bahwa proses Pergantian Antar Waktu (PAW) mereka dari anggota dewan sedang berlangsung.

Namun kondisi yang terjadi di kota Medan, hingga saat ini belum satu pun dari delapan anggota dewan yang harus melaksanakan hal tersebut yang sudah mengirimkan surat tersebut.

"Sampai saat ini belum ada yang mengirimkan surat tersebut," kata Komisioner KPU Medan, Pandapotan Tamba, di Kantor KPU Medan, Jalan Kejaksaan, Selasa (31/7/2013).

Pandapotan Tamba memastikan, tanpa adanya surat tersebut maka KPU Medan tidak akan meloloskan yang bersangkutan kedalam DCT. Sebab hal tersebut mejadi persyaratan yang mutlak sesuai Undang-undang No. 8 Tahun 2008 dan Peraturan Pemerintah No. 16 Tahun 2010.

Hal ini juga diperkuat dengan munculnya urat edaran Menteri Dalam Negeri No. 161/3294/Sj tertanggal 24 Juni 2013 yang menyatakan surat pengunduran diri angota dewan wajib dilampirkan bagi anggota dewan yang menjadi calo legislatof dari partai lain. [hta]

"Kita akan berpedoman pada peraturan tesebut," ujarnya.

Diketahui 8 anggota DPRD Medan pindah partai untuk maju menjadi caleg pada pemilu legislatif 2014 mendatang. Mereka yakni Landen Marbun, Paulus Sinulingga, Jhonny Nadeak, Budiman Panjaitan, Jan Lie, Lily, Godfried Lubis dan Bangkit Sitepu. [hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas