post image
KOMENTAR
Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mitra Sehati memprediksi, pasca Lebaran tahun ini, sirkuluasi penambahan Pekerja Seks Komersial (PSK) akan melonjak 15 hingga 30 persen di tiap-tiap lokasi.

Dari hasil survei bersama International Labour Organization (ILO) dan Badan Pusat Statistik (BPS) pada awal tahun 2013 lalu, LSM Mitra Sehati mencatat jumlah PSK di Kota Bekasi mencapai 2.500 orang. 30 persen di antaranya masih di bawah usia 19 tahun.

"70 persen para PSK di Kota Bekasi bukan warga pribumi, mereka adalah pendatang dari luar daerah," kata Direktur LSM Mitra Sehati, Hazami seperti dilansir dari JPNN, Jumat (16/8/2013).

Para PSK itu terbagi menjadi dua kelompok. Mereka ada yang langsung menjajakan diri di jalan atau di tempat prostitusi, ada juga yang secara tidak langsung tersebar di tempat karaoke, kafe, diskotek, maupun di tempat panti pijat yang sengaja menyediakan jasa seks.

Menurut dia, prediksi peningkatan jumlah PSK pasca Lebaran merupakan bagian dari urbanisasi. Mereka mengadu nasib dengan pindah dari desa ke kota untuk mencukupi kebutuhan baik keluarga maupun pribadi dalam sehari-hari.

"PSK urban, biasanya mereka mengaku dari daerah di sekitar Jawa Barat dan daerah lainnya juga ada," sambungnya.

Pihaknya mencatat sedikitnya ada 7 hingga 12 titik penyebaran praktek prostitusi di Kota Bekasi yang menjadi sasaran PSK Urban. Di antaranya; di sepanjang Jalan A. Yani Bekasi Selatan, sekitar Jalan Ir Djuanda mulai dari Stasiun Bekasi sampai ke lapangan Multiguna Bekasi Timur.

Lokasi lainnya ada di daerah Lapangan Multiguna, Terminal Bekasi atau dikenal dengan gang ’’sempak”, hingga ke daerah Ruko Ampera. Tempat lainnya ada di sekitar Rawapanjang-Pekayon. Selain itu, di sepanjang Jalan Bantargebang-Mustikasari dan Jl KH Noer Ali. Serta di Jatikarya, Jatisampurna yang banyak dipenuhi kafe dan warung remang-remang.

"Kami hanya bisa melakukan sosialisasi tentang bahaya HIV/AIDS," tandasnya.[hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas