post image
KOMENTAR
MBC. Hasil terbaru survei Soegeng Sarjadi School of Government (SSSG) memperlihatkan, dari 11 peserta konvensi capres Demokrat, Dahlan Iskan dianggap paling layak menjadi capres, dan elektabilitasnya paling tinggi dibanding peserta lainnya.

Pakar psikolog politik Universitas Indonesia Prof Hamdi Muluk tak kaget dengan hasil survei tersebut. Kata dia, apabila penentukan penenang konvensi Demokrat digelar sekarang, Dahlan Iskan pasti akan menang.

"Ini kan terlalu jauh jaraknya, dengan Pramono (Edhie) bahkan jauh sekali. Mungkin kita bisa prediksi Dahlan menang," kata Hamdi, di Jakarta, Kamis (12/9/2013).

Dalam Survei dilakukan SSSG pada 25 Agustus sampai 9 September dengan melibatkan 1.250 responden di 10 kota besar di Indonesia, Dahlan menempati posisi puncak yang dianggap paling layak menjadi capres.

Posisi kedua dipegang Jusuf Kalla dengan perolehan 19,8 persen, disusul Mahfud MD sebesar 10,7 persen. Tapi dengan tidak adanya JK dan Mahfud, posisi kedua kini pegang Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan dengan perolehan 5,6 pesern. Sedangkan Pramono Edhie Wibowo harus puas berada di posisi tiga dengan raihan 2,6 persen.

Untuk posisi empat dipegang Marzuki Alie dengan memperoleh 2,1 persen, posisi selanjutnya berturut-turut, Endriartono Sutarto (1 persen), Gita Wirjawan (1 persen), Hayono Isman (0,6 persen), Dino Patti Djalal (0,4 persen), Ali Masykur Musa (0,3 persen), Irman Gusman (0 persen), dan Sinyo Harry Sarundajang (0 persen).

Hamdi memperkirakan hasilnya tak jauh berubah meski pemenang konvensi akan diumumkan April 2014,  kans Dahlan juga paling tinggi. Dia memprediksi Dahlan menang konvensi. [ded]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa