post image
KOMENTAR
MBC. Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat Indonesia negara terbesar yang memproduksi kelapa sawit. Hal ini, dapat dilihat dari jumlah produksi sawit sebesar 23,4 juta ton per tahun.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian (Kementan) Harry Priyono mengatakan, pada 2013 panen sawit ditargetkan menjadi 25 juta ton.

''Indonesia merupakan produksi sawit terbesar 25 juta ton diperkirakan pada 2013. Saat ini Indonesia produsen 23,4 juta ton,'' kata Hari di Gran Melia, Kuningan, Jakarta, Selasa (24/9/2013).

Hari menambahkan, dengan melimpahnya sawit di Indonesia maka akan mencukupi pasokan sawit yang akan ditransformasi menjadi biofeul, yang telah dimandatkan 10 persen.

''Ekspor kita sudah 19 juta ton, jika penggunaan bieofeul naik jadi 10 persen, Indonesia mampu mengatur industri sawitnya sendiri,'' tambahnya.

Makanya, Hari meminta agar pemerintah terus mengupayakan pengaturan dan memberikan standardisasi nilai sawit yang bertujuan sebagai produksi sawit yang berkelanjutan.

Salah satu upayanya, kata Hari, dengan memberikan sertifikat ISPO.

''Pemerintah melakukan pengaturan dan standar demi berkelanjutan, pemberian sertifikat ISPO, sudah 19 perusahaan yang disertifikati, dan sembilan lembaga sertifikasi ditunjuk untuk melakukan sertifikasi ke setiap perusahaan.'' [ded]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi