post image
KOMENTAR
MBC. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Australia Tony Abbott hari ini Senin, (30/9/2013). Didampingi Ibu Negara Margaret Aitken, kunjungan Abbott ini merupakan kunjungan pertama ke luar negeri sejak dilantik pada 18 September 2013 lalu menggantikan Kevin Rudd.

Sebelumnya, Tony Abbott pernah berkunjung ke Indonesia pada Oktober 2012 dalam kapasitasnya sebagai sebagai Ketua Oposisi di Parlemen Australia.

"(Presiden SBY akan menerima PM Australia pukul) 15.30 siang ini," jelas Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah sesaat lalu.

Dalam kesempatan pertemuan bilateral nanti akan dibahas isu-isu yang menjadi prioritas bersama sesuai dengan kerangka kemitraan komprehensif kedua negara. Isu-isu itu, antara lain, kerja sama ekonomi dan sosial budaya, termasuk people-to-people contacts.

Selain itu, sebagaimana dijelaskan Faizasyah sebelumnya, kedua pemimpin akan bertukar pandangan mengenai isu-isu regional dan global yang menjadi kepentingan bersama, seperti kerja sama di forum East Asia Summit, APEC, G20, dan PBB.

"Kunjungan PM Tony Abbott ke Indonesia diharapkan akan semakin meningkatkan kerja sama bilateral yang selama ini telah berkembang pesat di bawah naungan kemitraan komprehensif. Kemitraan komprehensif tersebut disepakati pada tahun 2005," jelas Faizasyah sebagaimana disiarkan Rakyat Merdeka Online.

Sekalipun hubungan persahabatan RI-Australia berada pada periode yang sangat baik, ujar Faizasyah, diyakini masih terdapat banyak ruang bagi pengembangan persahabatan dan kerja sama yang saling menguntungkan.

"Ketetapan PM Abbott untuk memulai masa pemerintahannya dengan melakukan lawatan ke Indonesia mencerminkan semangat untuk melanjutkan, dan bahkan memperkuat, kerja sama di antara kedua negara. Sesuatu ketetapan yang Indonesia apresiasi." [ded]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa