post image
KOMENTAR
Pelaksana Tugas Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin meresmikan penabalan nama Jalan Bogor menjadi Jalan Tjong Yong Hian, Sabtu (16/11/2013). Penabalan ini dilakukan sebagai wujud penghormatan sekaligus apresiasi  terhadap ketokohan almarhum Mayor Tjong Yong Hian.

Sebab, semasa hidupnya, abang kandung Tjong A Fie ini banyak sekali memberikan kontribusi dalam pembangunan Kota Medan pada masa tempo dulu.

Peresmian ini dilakukan setelah Pemko Medan dan DPRD Medan bersama-sama menyetujui penabalan nama Jalan Tjong Yong Hian yang semula bernama Jalan Bogor dalam sebuah Keputusan Wali kota Medan No.620/1580.K/X/2013 tentang  perubahan dan penabalan jalan di Kota Medan.

Dalam surat keputusan yang ditetapkan Pelaksana Tugas Walikota Medan, Dzulmi Eldin, tanggal 2 Oktober 2013 disebutkan, Jalan Bogor mulai simpang Jalan Palangkaraya sampai dengan simpang Jalan Sutomo menjadi Jalan Tjong Yong Hian.

Menurut Eldin,  berdasarkan catatan sejarah maupun biografinya, ketokohan almarhum Tjong Yong Hian sangat mengundang simpati dan kekaguman. Tjong Yong Hian merupakan tokoh pluralis.

Sebab, dia dengan tulus tanpa memandang suku, agama dan etnis membantu kemajuan di bidang pendidikan, kesehatan dan budaya di Kota Medan. Dari ketokohannya itulah diharapkan bisa dijadikan teladan bagi para generasi muda guna membangun dan memajukan Kota Medan.

Sebelumnya Budihardjo Chandra, selaku cicit almarhum Tjong Yong Hian mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Medan, khususnya warga Jalan Bogor yang telah memberikan dukungan penuh sehingga Jalan Bogor dapat dikembalikan menjadi Jalan Tjong Yong Hian kembali.

"Kembalinya nama Jalan Tjong Yong Hian, merupakan suatu semangat dari Pemko Medan dan seluruh masyarakat Kota Medan dalam memperkukuh semangat kemajemukan etnik dan budaya untuk penguatan kebudayaan bangsa Indonesia," ungkap Budihardjo.

Diketahui Jalan Bogor ini dulunya bernama Jalan Tjong Yong Hian. Pada tahun 1904, Pemerintah Hindia Belanda memberikan penghargaan kepada beliau atas jasa-jasa yang telah dilakukan dengan membuat Jalan Tjong Yong Hian.  Namun tahun 1960, Jalan Tjong Yong Hian diganti menjadi Jalan Bogor. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas