post image
KOMENTAR
Kepolisian Daerah Sumatera Utara dan jajarannya kembali menggelar Operasi (Ops) Zebra Toba. Operasi ini bertujuan menjaring pengguna kendaraan bermotor yang menyalahi peraturan berlalu lintas.

"Operasi Zebra Toba 2013 ini digelar serentak selama dua pekan, dimulai pada 28 November hingga 11 Desember," ujar Kasubbid PID Bid Humas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Selasa (26/11/2013), kepada wartawan.

Untuk memaksimalkan Operasi Zebra Toba 2013, kekuatan yang dilibatkan berjumlah 1.549 orang, yakni Polda 74 personil, kewilayahan/Polres 1.440 personil dan wilayah imbangan Polres Batubara 35 personil.

Karena itu, mantan Kapolres Nisel itu berpesan kepada para penggendara untuk melengkapi kendaraannya saat bepergian, termasuk surat-surat kendaraan dan menggunakan helm bagi yang bersepeda motor.

"Lengkapi diri saat berkendara jika tidak ingin ditindak," tegasnya.

Katanya, Ops Zebra Toba 2013 ini lebih mengutamakan kepada fungsi Lalu Lintas. "Operasi ini dalam rangka penegakan hukum dalam berlalu lintas dengan mengedepankan kegiatan penegakan hukum berupa penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas yang potensial mengakibatkan kecelakaan dan tindak pidana kejahatan bermotor," sebutnya.

Selain melakukan penindakan, petugas juga melakukan kegiatan prefentif melalui pendidikan dan penyuluhan tertib berlalu lintas serta kegiatan preventif meliputi pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli lalu lintas guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah Sumut.

Tujuannya, untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib, lancar dengan indikator menurunnya jumlah kecelakaan dan meningkatnya disiplin berlalu lintas sehingga tercipta kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Ops Zebra Toba juga berupaya mencegah terjadinya tindak pidana dan kriminal, menekan tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan meninggal dunia, luka berat dan luka ringan.

Kemudian berkurangnya angka pelanggaran lalu lintas khususnya pengguna sepeda motor dan angkutan umum dan tercapainya situasi aman dan kondusif menjelang Natal 2013 dan Tahun Baru 2014. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Komunitas