post image
KOMENTAR
Beberapa hari terakhir sejumlah warga di Sumatera Utara menerima kabar akan terjadi letusan besar Gunung Sinabung besok, Jumat 29 November 2013. Kabar tersebut menggelinding dengan cepat lewat pesan singkat dan blackberry massanger dalam dua hari terakhir.

Terkait isu tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi (BNNP), Sumatera Utara menegaskan isu tersebut tidak benar.

"Isu itu tidak benar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara Asren Nasution seperti dilansir Antara.

Asren mengakui jika isu letusan besar yang akan melanda Gunung Sinabung tersebut cukup banyak beredar melalui pesan singat di telepon selular.

Karena itu, pihaknya banyak menerima pertanyaan dari berbagai elemen masyarakat yang ingin mendapatkan kepastian mengenai isu tersebut.

Berdasarkan keterangan langsung dari Kepala Pos Pengamatan PVMBG di Gunung Sinabung Indarto, diketahui isu tersebut tidak memiliki dasar sama sekali.

"Sampai saat ini tidak ada yang bisa memastikan waktu letusan itu," katanya.

Namun, kata Asren, pihaknya membenarkan jika aktivitas Sunung Sinabung belum berhenti dengan adanya erupsi yang mengeluarkan abu vulkanik dan menimbulkan gempa.

Karena itu, rekomendasi PVMBG tentang perlunya evakuasi terhadap masyarakat dalam radius 5 Km belum dicabut disebabkan aktivitasnya meningkat.

Meski waktu letusan besar tersebut tidak dapat dipastikan, tetapi pihaknya harus mempersiapkan diri untuk mengantisipasi kejadian diluar dugaan.

"(Letusan besar) itu tidak bisa diprediksi. Jadi, lebih baik mempersiapkan diri," kata mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut itu.

Pihaknya mengharapkan masyarakat tidak termakan isu yang "menyesatkan", terutama mengenai kabar mengenai waktu letusan dan efek lain dari aktivitas Gunung Sinabung.

"Sebaiknya bertanya kepada lembaga yang mengurusi Sinabung," kata Asren. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Komunitas