post image
KOMENTAR
Umat Hindu di seluruh Indonesia meminta Hari Raya Depawali dijadikan libur nasional.

Permintaan itu disampaikan Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Nyoman Suwisma di sela-sela memperingati Hari Depawali di Season City, Jakarta Barat, Sabtu (30/11/2013).

Jelas Nyoman, acara peringatan Hari Depawali tersebut baru pertama kali dilaksanakan secara nasional. Dan pihaknya mengapresiasi Gubernur Jakarta Joko Widodo yang telah memberi perhatian dengan libur fakultatif.

"Kegiatan ini suatu upacara umat Hindu di dunia. Depawali ini merupakan peringatan hari sesuatu yang benar melawan ketidakbenaran," jelas Nyoman.

Ia menambahkan, peringatan hari Depawali berbeda dengan hari Galungan dan Kuningan yang diperingati setiap 210 hari sekali. Sedangkan peringatan hari Depawali hanya dilakukan dan datang sekali setiap 360 hari.

"Ini suatu upacara umat Hindu bagaimana agenda ke depan Depawali menjadi hari raya Hindu nasional dan minta kepada pemerintah (pusat) agar dijadikan hari libur nasional," harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Perayaan Nasional Depawali, AS Kobalen mengatakan, ada sekitar 10 juta penganut agama Hindu di Indonesia.

"Harapan kami peringatan hari Depawali menjadi hari libur nasional," pinta Kobalen.

Seperti diketahui, Jokowi meliburkan warga keturunan India beragama Hindu yang merayakan Hari Raya Depawali . Libur fakultatif tersebut diberikan Pemprov DKI melalui surat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI No 5666/-1.834.1 tanggal 31 Oktober 2013. Di dalamnya berisi tentang instruksi kepada para pengusaha yang memiliki pekerja warga keturunan India-Indonesia dan warga negara India untuk diberikan kesempatan dan waktu merayakan Diwali yang jatuh 2-3 November 2013. Libur diberikan pada 4 November.

Diwali atau dalam bahasa Sanskerta Deevapali (Depawali) merupakan hari raya umat Hindu (India) untuk memperingati kemenangan kebaikan terhadap kebatilan. [rmol/hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas