post image
KOMENTAR
Masyarakat Sumatera Utara diingatkan agar mewaspadai gerakan bandar narkoba yang berkedok kepedulian dan bantuan sosial. Pasalnya, bandar narkoba kian canggih dengan berkedok "Robinhood" guna melindungi jaringan mereka.

Kesimpulan ini terungkap dalam Dialog Akhir Tahun Pemprovsu dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut dan forum strategis masyarakat, Selasa (24/12/2013).

Hadir dalam acara itu Kepala Badan Kesbangpol Linmas Sumut, Eddy Syofian, Kepala BNNP Sumut Kombes Pol Rudi Tranggono, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumut Maratua Simanjuntak, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kolonel Nurdin Sulistiyo, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Sumut Bahari Damanik dan Sekretaris Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Sumut Zulkarnaen Nasution dan Plt Kadis Pariwisata Sumut.

Pada dialog ini terungkap bisnis narkoba sudah masuk dalam jaringan teroris yang saling bersinerji merusak generasi bangsa.

Modus gerakan juga semakin canggih termasuk berkedok seperti "Robinhood" yang seolah-olah menjadi tokoh penggerak kepedulian sosial dan membagi-bagikan uang maupun bantuan lainnya untuk memperdaya masyarakat.

"Ada beberapa gejala yang perlu kita sikapi sungguh-sungguh terutama adanya beberapa kelompok masyarakat yang menolak upaya pemberantasan narkoba, bahkan menyerang polisi yang hendak menangkap jaringan narkoba," ujarnya.

Gejala ini lanjutnya disinyalir akibat adanya tanda-tanda bahwa bandar narkoba bergerak dengan kedok tokoh sosial ibarat cerita "Robinhood" guna mengaburkan sindikasi mereka.

"Ini persoalan serius karena hampir semua tindak kejahatan selalu berakar dari narkotika bahkan sektor riel masyarakat sudah berpengaruh terhadap permodalan yang menghambat gerakan ekonomi akibat banyaknya uang tersedot dalam bisnis narkoba yang sebagian besar mengalir ke luar negeri," ujarnya. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas