post image
KOMENTAR
Ratusan masyarakat Kota Medan memadati Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BJS) Kesehatan Wilayah I Sumut di Jalan Karya, Medan, Jumat (3/1/2014).

Ramainya masyarakat yang datang ke bekas Kantor PT Askes ini bukan untuk berdemo, melainkan mengurus kartu BPJS yang telah diterapkan pemerintah sejak 1 Januari 2014.

Tingginya animo masyarakat untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan secara gratis dari pemerintah, membuat mereka rela antre berdesakan mengurus kartu tersebut.

Pasalnya, sebagian warga terutama warga miskin takut tak kebagian kartu sehat seperti saat masa pemberlakuan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat yang diberlakukan pada tahun-tahun sebelumnya 2013, seperti Jamkesmas, Jamkesda, maupun JPKMS.

Pantauan di lapangan, terlihat sejumlah petugas BPJS sibuk melayani warga yang mendaftar. Untuk melayani masyarakat, petugas BPJS membuka meja pelayanan di dalam dan di luar kantor.

Masyarakat langsung mengisi formulir di lokasi agar cepat mendapatkan kartu sehat yang dijanjikan pemerintah pada tahun 2014 ini.

Salah seorang warga yang mengurus kartu BPJS, Tinem mengatakan, dirinya sangat membutuhkan kartu sehat tersebut untuk suaminya yang saat ini sedang terbaring sakit.

"Saya datang ke sini untuk mengurus kartu BPJS karena takut tidak kebagian, karena pada tahun semalam saya tidak kebagian," ujarnya.

Dirinya berharap pemerintah dapat melayani kesehatan masyarakat dan tidak lagi seperti program kesehatan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu, menurut data yang dihimpun di Kantor BPJS Wilayah I Sumut, total masyarakat yang mengurus BPJS sebanyak 5.935.172 dengan kategori miskin sebanyak  4.192.297 jiwa. [dito]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Komunitas