post image
KOMENTAR
Para pengguna media sosial (medsos) mengecam sebuah pemberitaan yang menyebutkan letusan Gunung Sinabung jadi lokasi wisata dan hiburan warga. Kaum medsos, khususnya pengguna twitter, menilai berita tersebut terlalu berlebihan.

Berita tersebut tayang malam ini, Minggu (5/1/2014) pukul 19.20 WIB di kanal DetikTV. Adapun narasi dalam Berita TV berjudul  "Erupsi Sinabung Jadi Hiburan Warga" itu antara lain berbunyi:

"Gunung Sinabung terus menumpahkan material vulkanik. Sejak Sabtu hingga Minggu pagi telah terjadi 77 kali erupsi dengan lontaran material yang semakin jauh. Bagi sebagian warga letusan menjadi tempat wisata baru."

Sebutan wisata baru dengan judul hiburan bagi warga inilah yang memancing kritik warga medsos.

"Bencana bukan hiburan atau tempat wisata. Masyarakat melihat dengan cemas, takut, prihatin dan terluka," ungkap volunteer Sinabung dengan akun @ben_kaban.

Akun @infobencana bahkan menganggap pemberitaan tersebut tidak memiliki empati dengan para korban yang kini dalam pengungsian yang mencapai 20 ribu jiwa.

"Berbulan-bulan saudara-saudara kita di pengungsian Sinabung, menderita berdesakan, ladang rusak dll lalu tega anggap #sinabung hiburan?

"Alangkah bodohnya jika ada anggap letusan #Sinabung sebagai hiburan. itu Ancaman," tulis Media Center @infobencana.

Kecaman juga datang dari @Karoglobal. "Setau kami tidak ada yang terhibur dengan adanya erupsi Sinabung."

Sementara pemilik akun @ahook dalam lini masanya juga tidak setuju dengan berita tersebut. "Kalau aku sih punya pengalaman lihat langsung #sinabung meletus dan keluarkan asap dan abu vulkanik. Rasanya takut dan was-was saat itu," jelasnya.

"Kutuk manusia yang menyebut bencana #Sinabung sebagai hiburan!" seru pemilik akun twitter @Sihuandotcom

Tidak hanya mengecam, sejumlah warga medsos juga berharap agar liputan bencana Sinabung tidak dimanfaatkan untuk kepentingan komersil, namun lebih mengedepankan sisi kemanusiaan.

"Merindukan jurnalisme empati, mengubah duka jadi senyum, bukan mempertontonkan senyum atas duka." tulis @karo_news.

"Kami mengajak Indonesia, mari doakan eskalasi #Sinabung tidak lebih luas dari yang sudah-sudah," pungkas @infobencana yang diretweet banyak pengguna twitter. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas