post image
KOMENTAR
Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden PKS Anis Matta di Medan, Rabu (5/2/2014). Padahal sebelumnya ia sempat minder setelah menjadi satu-satunya capres non Jawa yang akan diusung oleh PKS untuk maju pada Pilpres 2014.

"Sekarang ini masyarakat cenderung memilih bukan berdasarkan primordialisme lagi, namun mereka sudah lebih melihat visi misi," katanya saat menuju Bandara KUala Namu menggunakan Kerea Api Bandara.

Ada beberapa alasan bagi Anis Matta menyampaikan hal tersebut. Dimana menurutnya dalam tesisnya ia mempelajari berbagai kecenderungan pemilih saat ini. SAlah satu yang paling menonjol yakni semakin meningkatnya persentase pemilih yang memberikan suaranya tanpa melihat aspek primordialisme. Selain itu, banyaknya pemilih muda yang tidak lagi memiliki afiliasi ideologi yang kuat juga mendorong masyarakat cenderung menjadi pemilih yang hanya melihat visi dan misi calon pemimpinnya.

"Itu jadi bahan tesis saya juga," ujarnya.

Diketahui dari 3 calon presiden yang dipersiapkan oleh PKS, 2 diantaranya berasal dari suku Jawa yakni Hidayat Nur Wahid dan Ahmad Heryawan. Hasil dari pemilihan raya internal PKS 29-30 November 2013 lalu memperlihatkan, Hidayat Nur Wahid mengungguli perolehan suara 2 capres lainnya dimana perolehan suaranya mencapai 50.567 suara. Hanya saja berdasarkan provinsi, Anis Matta unggul di 18 provinsi sedangkan Hidayat hanya 14 provinsi dan Ahmad Heryawan 1 provinsi.[rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa