post image
KOMENTAR
Jembatan Sisera-sera berusia 18 tahun di jalan negara lintas Sumatera (jalinsum) di Parapat, Kabupaten Simalungun, mengalami kerusakan sejak Januari lalu.

Jembatan sepanjang 51 meter dengan lebar 6 meter itu menjadi urat nadi perhubungan darat Sumatera Utara di dataran tinggi pada poros lintas Pematangsiantar-Parapat (Danau Toba)-Balige-Tarutung, dan seterusnya ke Sibolga-Sidimpuan-Bukittinggi.

Kerusakan terjadi pada lantai di salah satu pangkal jembatan. Jembatan amblas (turun) hingga permukaannya menjadi lebih rendah dari jalan.

Pada Senin (4/3/2013), TobaPulp (PT Toba Pulp Lestari,Tbk) menyumbang dua keping plat baja 22 mm dan lebar 1,5 m, cukup kuat untuk mendukung beban angkutan sampai 50 ton.

Manajer Humas TobaPulp, Ir Tagor Manik daam keterangan persnya kepada MedanBagus.Com, Selasa (4/3/2014) menyebut, sumbangan itu untuk kepentingan dan keselamatan bersama dan dianggap memadai sampai pihak berkompeten (PU–Balai Jalan dan Jembatan wilayah 1 Sumatera Utara) menanganinya secara permanen.

Boas Manik, Lurah Girsang Sipanganbolon, yang menyaksikan peletakan bantuan plat baja tersebut menyampaikan syukur dan penghargaan atas inisiatif pemberian sumbangan tersebut, karena kerusakan berlama-lama segera dapat memperparah kerusakan dan mengancam keselamatan angkutan barang dan orang karena setiap hari dilintasi ribuan kendaraan.

Selain itu, juga menimbulkan kemacetan panjang di kedua sisi jembatan hingga berkilo-kilometer. Apresiasi serupa juga disampaikan Marungkap Sihombing, salah seorang pengemudi angkutan barang, yang bersama puluhan supir sedang melintas dan secara periodik menjadi pelintas rute tersebut.

Tamora Panjaitan dari Balai Besar PU wilayah 1 Sumatra Utara mengatakan, kerusakan lantai di pangkal jembatan diakibatkan bantalan yang rusak.

"Bantuan TobaPulp benar benar sangat bermanfaat menunggu perbaikan dari PU. Kami sangat berterima kasih atas kerjasama, perhatian dan kepedulian in," katanya. Namun ia tidak memberi informasi mengenai kapan perbaikannya dilakukan.

Caption Foto: Tim TobaPulp berupaya keras meletakkan plat baja dijembatan Sisera-sera, untuk kelancaran perlintasan.  Plat baja ini diperkirakan mampu menahan beban hingga mencapai 50 ton. [ded]

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Sebelumnya

BMH Bersama PLN UIP SBU Gelar Program Peduli Dengan Menyalurkan 250 Paket Sembako

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas