post image
KOMENTAR
Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilatil Quran (MTQ) ke-47 Tingkat Medan yang digelar di Lahan Perumahan Nusa Land Kecamatan Helvetia, Jalan Gaperta Medan.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan beduk oleh Gubsu bersama Plt Walikota Medan, Kakanwil Kemenag Sumut, Ketua DPRD Medandan  Ketua MUI Medan, Senin (3/3/2014) malam.

Di hadapan ribuan warga Medan yang hadir, Gatot Pujo Nugroho berharap agar pelaksanaan MTQ tidak hanya seremonial semata. Tapi gelaran MTQ harus bisa makin menguatkan syiar Islam di tengah masyarakat sekaligus memperkokoh Al Quran sebagai sumber inspirasi dan petunjuk bagi umat Islam dalam kehidupan sehari-hari.

"Untuk itulah saya menilai pelaksanaan MTQ ini punya korelasi yang kuat guna mewujudkan visi dan misi Kota Medan sebagai kota metropolitan yang religius, berdaya saing, nyaman, peduli dan sejahtera," kata Gatot.

Sementara itu Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, berharap MTQ memberikan manfaat yang sebesar-besarnya di tengah-tengah umat.

"Saya mengajak setiap keluarga di Kota Medan makin tekun, makin gemar membaca dan menghayati kalam Ilahi. Serta mendalami isinya sekaligus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," kata Eldin dalam sambutannya.

MTQ ke-47 diikuti 543 peserta dari seluruh kecamatan se-Kota Medan serta utusan dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) negeri maupun swasta khusus cabang Fahmil Quran dan Syahril Quran.

Dalam MTQ tahun ini, ada 7 cabang yang dimusabaqahkan yaitu Mujawwad putra putri diikuti 195 orang. Kemudian Hifzil Quran putra putri diikuti 84 orang.

Lalu Fahmil Quran putra putri diikuti 25 regu sebanyak 75 orang. Kemudian Syaril Quran diikuti 21 regu sebanyak 63 orang, Khattil Quran putra putrid sebanyak 58 orang, Tafsirun Quran putra putrid sebanyak 43 orang dan Musabaqah Makalah Ilmiah Alm Quran putra putrid diikuti 25 orang.

Di samping itu pelaksanaan MTQ juga diikuti dengan pameran yang diikuti oleh seluruh kecamatan se-Kota Medan, TP PKK Kota Medan, Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD), Bank Sumut, pelaku UMKM dan kuliner Jadi total stand yang mengisi pameran sebanyak 102 stand. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas