post image
KOMENTAR
Perkembangan terkini dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyebutkan total pasien berobat akibat dampak asap berjumlah 61.647 orang sejak (1/2/2014) hingga hari ini, Selasa (18/3/2014). Sementara itu 61.645 pasien telah sembuh.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho,
penyakit yang sering ditemukan karena asap ini antara lain infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), pneumonia, asma, iritasi mata dan kulit.

"Penyakit ISPA paling banyak diderita oleh masyarakat dengan jumlah 53.933 orang. Jumlah terbanyak di Pekanbaru 13.941 pasien, Rokan Hilir 8.154, dan Bengkalis 6.409," ujar Sutopo dalam keterangannya kepada MedanBagus.Com, pagi tadi.

Menindaklanjuti instruksi dan arahan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 Maret 2014, menurut Sutopo, pemerintah Provinsi Riau, di bawah koordinasi Pos Komando Satgas, membentuk struktur organisasi untuk Satgas Perawatan dan Pelayanan Kesehatan.

Zainal Arifin yang sekaligus Kepala Satuan Tugas Perawatan dan Pelayanan Kesehatan menambahkan, bahwa satgasnya telah mengupayakan beberapa langkah, antara lain:

1. Menyiagakan 24 jam 209 puskesmas di seluruh kabupaten/kota dan menyiagakan 17 Rumah Sakit Pemda di Provinsi Riau..
2. Memberikan pelayanan kesehatan gratis akibat asap
3. Membentuk Pos Kesehatan di Provinsi (Arena MTQ) dan Dinas Kesehatan dan 12 kabupaten/kota
4. Mensosialisasikan dan mempublikasikan melalui media (TV, Koran, radio, dan langsung ke masyarakat)
5. Membagikan masker kepada masyarakat.
6. Mengkoordinasikan langkah-langkah penanganan dengan Pusat Pengendali Krisis Kesehatan (PPKK) dan potensi kesehatan yang ada seperti perguruan tinggi, LSM, dan organisasi profesi.
7. Melakukan pengawasan aktif di kabupaten/kota

Kualitas udara saat ini di Riau sudah lebih baik dibandingkan sebelumnya. ISPU di Pekanbaru 71 (kategori sedang, Duri camp 26 (baik), Petapahan 37 (baik). Cuaca di Riau cerah berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di seluruh wilayah Riau pada sore dan malam hari. Visibility 1.500 meter dan udara segar. [rgu]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas